Penyebab Dan Solusi Motor Brebet Saat Di Gas

Mesin motor brebet - baik sepeda motor yang masih menggunakan karburator maupun yang sudah memakai teknologi injeksi tetap saja berpotensi mengalami brebet. Sebab mesin motor yang brebet ini biasanya diakibatkan adanya komposisi yang kurang ideal saat terjadi proses pembakaran.

Advertisement

Pada proses pembakaran didalam ruang silinder, masih ada tiga hal yang harus terpenuhi, yg pertama merupakan suplay bensin yang lancar, yang ke 2 adalah suplay oksigen sesuai dengan yg diharapkan mesin dan yg ketiga adalah pengapian yang stabil. Apabila terdapat keliru satu diantara ketiga syarat tadi nir dipenuhi maka ketika mesin motor pada gas sanggup terjadi brebet.

Penyebab Dan Solusi Motor Brebet Saat Di Gas

Penyebab mesin motor brebet dalam putaran atas

Nah untuk lebih memahami mengenai kenapa mesin motor brebet di rpm atas silahkan disimak beberapa penyebabnya berikut ini :

1. Suplay bahan bakar kurang lancar

Ketika mesin motor pertama kali dinyalakan dan dalam keadaan idle dan tidak brebet ini dikarenakan komposisi antara bahan bakar, oksigen serta pengapian adalah proporsional. Lalu saat di gas, tentu saja terjadi perubahan suplay udara yang masuk kedalam ruang bakar semakin meningkat, hal ini tentu akan diikuti pula dengan suplay bahan bakar yang meningkat pula agar komposisi nya tetap ideal.

apabila sampai suplay bahan bakar ini tersendat entah lantaran terdapat kasus dalam sistem karburator, injektor yang tersumbat sampai tangki bahan bakar yang kotor menyebabkan asupan BBM yang mengalir kedalam ruang bakar menjadi kurang. Maka mesin motor pun akan tersendat sendat. Untuk mengatasi hal ini anda sanggup melakukan pengecekan

Baca juga : Nih tips jitu memilih bahan bakar motor sesuai kompresi mesin

2. Suplay oksigen kurang lancar

Suplay oksigen yang masuk kedalam ruang bakar bila sampai terhambat pun juga bisa menyebabkan mesin motor menjadi brebet. Saat mesin motor di gas, karena asupan oksigen kedalam ruang mesin terhalang menyebabkan komposisi bahan bakar yang masuk cenderung lebih banyak dibandingkan dengan oksigen sehingga membuat mesin cenderung lebih berat.

Penyebab kurangnya suplay udara ini biasanya dikarenakan kondisi filter udara sudah kotor, sehingga membuat udara yang akan masuk menjadi terhalang. Untuk mengatasi hal ini anda bisa membersihkan saringan udara dan jika perlu ganti dengan yang baru bila kotoran sudah menumpuk dan susah dibersihkan.

Bagaimana dengan filter udara yang dilepas ?

Melepas saringan udara sangat tidak disarankan karena dapat berpotensi debu dan kotoran bisa langsung masuk kedalam ruang bakar. Jika debu atau kotoran tadi jumlahnya sedikit mungkin tidak terlalu kentara efeknya. Namun lambat laun debu dan kotoran yang masuk akan menumpuk didalam ruang mesin dan meninggalkan kerak.

3. Busi motor bermasalah

Api pada proses pembakaran didalam ruang bakar sepeda motor dihasilkan oleh perikan bunga api pada elektroda busi, besar kecilnya percikan api dari busi ini nantinya akan mempengaruhi kinerja dari mesin motor kalian. Tegangan listrik yang ada pada busi bahkan bisa mencapai 20.000 volt, namun pada output nya dapat berbeda - beda, ketika pengapian yang dihasilkan oleh busi terlalu kecil mesin motor pun akan menjadi mudah tersendat.

Agar busi motor tetap prima alangkah baiknya anda melakukan perawatan busi sehingga usia pakai busi bisa lebih panjang. Ada baiknya juga anda mempersiapkan busi cadangan entah itu satu atau dua buah di bagasi motor sehingga jika ada masalah dengan busi, kalian bisa langsung menggantinya saat itu juga.

Baca juga : Nih kelebihan busi iridium dibandingkan busi biasa

Nah ketiga hal diatas adalah biang penyebab kenapa mesin motor kalian mengalami brebet saat di gas, terutama di putaran atas ( rpm mesin tinggi ). Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kalian, dan terima kasih telah berkunjung di blog kecil ini.

Posting Komentar

0 Komentar