Penyebab Mesin Mobil Ngelitik Di RPM Rendah

Sebab mesin ngelitik rpm rendah - knocking atau yang umum di sebut dengan istilah ngelitik adalah suatu kondisi dimana mesin mobil mengalami proses pembakaran yang tidak normal seperti yang seharusnya. Ciri mobil mengalami ngelitik ini bisa anda rasakan ketika menginjak gas dalam dalam kemudian melepaskannya, anda akan mendengar bunyi yang kurang begitu enak didengar, serta mesin mobil yang terasa bergetar.

Advertisement

Penyebab Mesin Mobil Ngelitik Di RPM Rendah

Gejala ngelitik atau knocking ini mampu terjadi baik pada tunggangan beroda empat tua / klasik, ataupun kendaraan beroda empat yg bahkan baru beli menurut dealer bisa mengalami hal ini. Ada dua gejala ngelitik yg umumnya terjadi dalam mesin mobil, yg pertama adalah ngelitik disaat rpm mesin rendah,

Faktor penyebab mesin mobil ngelitik di rpm rendah

1. Saringan udara sudah kotor

Fungsi dari saringan udara adalah untuk menyaring segala macam benda asing yang terhisap pada saat mesin melakukan langkah hisap, agar nantinya tidak ikut masuk kedalam ruang mesin. Kotornya saringan udara ini akan menyebabkan pasokan udara yang masuk kedalam ruang bakar menjadi kurang sehingga timbul gejala ngelitik. Untuk mengatasi hal ini anda bisa secara rutin membersihkan saringan udara dengan menyemprotkan udara bertekann, namun jika kondisi saringan sudah sangat kotor sebaiknya diganti dengan elemen yang baru.

Baca juga : Pengertian rasio kompresi pada mesin kendaraan

2. Banyaknya karbon di intake manifold

Banyaknya karbon yang bersarang di bagian intake manifold mesin tentunya akan menghambat aliran udara yang akan masuk kedalam ruang bakar, sehingga komposisi campuran udara dan bahan bakar menjadi kurang ideal sehingga memicu terjadinya ngelitik. Untuk mengatasi karbon yang menumpuk di bagian intake manifold, anda bisa rutin membersihkannya dengan menggunakan cairan karbon cleaner.

3. Kotornya sensor ISC mesin mobil

Sensor ISC adalah sebuah sensor yang biasanya ditanam atau menjadi satu dengan throttle body. Jika sensor ISC ini sampai kotor bisa menyebabkan komputer mobil tidak dapat mengontrol seberapa banyak pasokan udara yang harus disuplay kedalam ruang mesin. Dan tentu saja efeknya akan membuat mesin mobil menjadi ngelitik. Untuk mengatasi hal ini anda bisa membersihkan ISC mesin mobil dengan menggunakan pembersih semacam WD-40 maupun foaming.

4. Setelan pengapian mesin terlalu rendah

Menyetel pengapian mesin yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan mesin mobil jadi ngelitik saat berada di rpm rendah. Untuk mengatasi hal ini anda bisa menaikkan / memajulan sedikit derajat pengapian agar gejala ngelitik di rpm rendah ini menghilang.

Baca juga : Ini bedanya ngelitik di mesin diesel dan mesin bensin

Posting Komentar

0 Komentar