Penyebab Setir Mobil Berat Sebelah

Setir mobil berat sebelah - kemudi adalah salah satu bagian kendaraan yang berfungsi agar kendaraan dapat dikontrol untuk dibelokkan bahkan bermanuver, dan dari sekian banyak masalah yang kerap menimpa kendaraan roda empat alias mobil ada pada bagian setir kemudi mobil, seperti contohnya setir mobil miring kiri atau kanan, setir mobil narik kiri atau kanan, setir mobil bergetar, setir mobil bunyi dan lain sebagainya yang tentu saja kondisi ini sangat mengganggu kita dalam berkendara.

Advertisement

setir mobil berat sebelah

Dari sekian banyak keluhan keluhan yang ada pada setir kemudi mobil, di kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai penyebab setir mobil terasa berat sebelah ketika di belokkan, misalnya saja belok kekanan lebih ringan ketimbang belok kekiri sehingga membuat tidak nyaman dalam mengemudi, lalu apa sih yang bisa menyebabkan setir mobil terasa berat sebelah saat belok ini ?

Penyebab kenapa setir mobil terasa berat sebelah saat digunakan belok sangat beragam, setidaknya ada dua penyebab kenapa bisa terjadi yang demikian, yang pertama adalah dikarenakan adanya perbedaan sudut caster roda depan kiri dan kanan, dan yang kedua adalah diakibatkan karena adanya kebocoran pada sistem power steering hidrolisnya.

Penyebab setir mobil terasa berat sebelah

1. Setir mobil berat sebelah akibat sudut caster yang tidak sama Pada sistem geometri roda depan terdapat sudut sudut camber, caster dan juga toe - in yang ketiganya sangat mempengaruhi kestabilan arah laju kendaraan. Sudut caster adalah sudut kemiringan roda depan kendaraan bila dilihat dari arah samping, semakin besar sudut caster maka posisi roda akan semakin maju begitupun sebaliknya.

sudut caster mobil

Semakin besar sudut caster maka sketika setir mobil dibelokkan akan dapat dengan mudah kembali ke posisi lurus saat setir dilepas, namun efeknya semakin tinggi sudut caster akan semakin berat setir mobil diputar. Bila sudut caster antara yang kiri dan yang kanan tidak sama besarnya, bisa menyebabkan kemudi mobil terasa berat sebelah ketika dibelokkan.

2. Setir mobil berat sebelah akibat kebocoran power steering

Penyebab lain kenapa setir mobil terasa berat sebelah saat digunakan belok adalah adanya kerusakan pada seal minyak power steering di bagian racksteer, sehingga tekanan di salah satu sisi lebih lemah dibandingkan sisi lainnya, hasilnya sudah pasti kemudi mobil akan terasa berat di salah satu sisi yang tidak bocor, dan terasa sangat ringan di sisi yang mengalami kebocoran. Hal ini bisa terjadi karena adanya perbedaan tekanan fluida power steering antara yang kiri dan yang kanan.

racksteer mobil bocor

Pemeriksaan pemeriksaan

Nah bila ada salah satu pembaca yang memiliki keluhan seperti ini, anda bisa terlebih dahulu melakukan pemeriksaan di bagian steering rack apakah ada minyak power stering bocor ataukah tidak, jika iya coba lakukan perbaikan. Bila ternyata tidak ada kebocora di bagian sistem power steering mobil, bisa jadi penyebab setir mobil berat sebelah saat belok adalah adanya perbedaan sudut sudut caster kendaraan yang terlalu banyak. Anda bisa mencoba menspooring mobil anda di bengkel resmi maupun di bengkel khusus spooring.

Baca juga : Penyebab setir mobil goyang dikecepatan tinggi

Nah itulah tadi beberapa penyebab kenapa setir mobil terasa berat sebelah saat digunakan belok, semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share.

Posting Komentar

0 Komentar