Perbedaan Air Aki Zuur Dan Air Aki Tambah

Perbedaan air aki zuur dan air aki tambah - pada umumnya di pasaran otomotif terdapat dua jenis air aki yang biasanya di perjual belikan, yakni air aki zuur yang biasanya ditandai dengan warna cairan yang agak kekuningan, atau menggunakan label dan tutup botol berwarna merah, dan air aki tambah yang biasanya ditandai dengan label dan juga tutup botol yang berwarna biru.

Advertisement

Perbedaan Air Aki Zuur Dan Air Aki Tambah

Dari kedua jenis air aki ini tentu saja memiliki perbedaan dan cara pakainya masing masing yang akan kami jelaskan secara rinci agar nantinya anda tidak salah dalam membeli air aki mobil.

1. Air aki zuur ( air keras )

Air aki jenis zuur ini biasanya memiliki ciri umum cairannya berwarna kekuning kuningan ( meskipun ada juga yang berwarna bening ), dan ditandai dengan label kemasan serta tutup botol kemasan yang berwarna merah, hal ini menandakan bahwa isi cairan didalam botol tersebut bersifat asam keras. Sifat asam keras ini berasal dari larutan elektrolit asam sulfat yang berfungsi sebagai penghantar dan penyimpan daya listrik yang baik didalam aki.

Penggunaan air zuur atau air aki keras ini didalam aki mobil ialah, digunakan untuk melakukan pengisian cairan aki saat pertama kali aki mobil di isi. Atau digunakan untuk mengisi aki mobil yang kehabisan cairan elektrolit didalamnya akibat penguapan yang berlebih.

Baca juga : Pilih aki kering VS aki basah bagusan mana ? yuk intip penjelasannya

2. Air aki tambah ( air suling )

Air aki jenis tambah atau yang lebih dikenal dengan sebutan air tambah atau air suling, adalah air biasa yang di suling dan telah melewati proses demineralisasi, yang artinya air ini bebas dari kandungan mineral. Air tambah atau air suling untuk aki ini biasanya memiliki ciri umum label serta tutup botol kemasan yang berwarna biru, yang menandakan bahwa air yang ada didalam kemasan tersebut tidak berbahaya.

Penggunaan air tambah ini pada aki mobil ialah untuk menambahkan cairan elektrolit yang ada didalam aki mobil jika kondisinya sedikit berkurang ( tidak jauh melewati dibawah lower level), yang artinya kegunaan dari air tambah aki ini hanyalah sebatas menambah volume cairan yang ada didalam aki mobil tanpa mempengaruhi masa jenis dari elektrolit aki.

Jadi jika kalian ingin membeli air aki, pastikan anda membeli air aki yang benar sesuai dengan kegunaannya, jika aki mobil anda habis airnya jauh dibawah lover level, alangkah baiknya anda membeli air zuur dengan kemasan merah untuk mengisi aki. Namun jika air aki hanya sedikit berkurang saja, anda bisa membeli air aki tambah dengan kemasan yang berwarna biru.

Baca juga : Tips jitu merawat aki mobil agar awet

Kesalahan dalam mengisi air aki

Kesalahan yang sering terjadi ketika aki kehabisan air adalah dengan menambahkan air aki tambah yang dijual dalam kemasan berwarna biru, sehingga malah membuat mobil tidak dapat di starter. Jika pernah mengalami hal ini, sebaiknya buang semua air aki yang ada didalamnya, dan isi ulang keseluruhan sell aki hanya dengan menggunakan air zuur yang dijual dengan kemasan berwarna merah, selanjutnya anda bisa mencharger dan aki siap digunakan kembali.

Baca juga : Kerusakan yang sering menyerang aki mobil

Nah semoga penjelasan diatas mengenai perbedaan air zuur dan air aki tambah dapat lebih memberikan anda wawasan tentang dunia otomotif, khususnya dalam hal perawatan aki mobil agar senantiasa awet, jangan lupa di bantu share artikelnya ya :).

Posting Komentar

0 Komentar