Perbedaan Air Suspension Dan Leaf Spring

Air suspension VS leaf spring - pada kendaraan angkutan setidaknya kita mengenal dua jenis suspensi yang sering digunakan sebagai peredam getaran yakni suspensi model leaf spring atau yang kita kenal sebagai suspensi per daun, dan juga air suspension atau suspensi udara. Dari kedua jenis suspensi ini tentu saja terdapat perbedaan perbedaan, nah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa perbedaan yang ada pada kedua jenis suspensi ini.

Advertisement

Perbedaan air suspension & leaf spring

1. Perbedaan berdasarkan bentuknya

Perbedaan pertama antara kedua jenis suspensi kendaraan angkut ini dimulai dari bentuknya, untuk suspensi leaf spring hampir kebanyakan memiliki bentuk yang sama yakni lempengan per pipih yang disusun bertumpuk tumpuk seperti yang anda lihat pada truk. Untuk air suspension memiliki desain yang sedikit unik, yakni berbentuk seperti kantong karet yang didalamnya terdapat sebuah udara yang berfungsi sebagai suspensi. Dan lagi khusus untuk air bag suspension ini bisa di tambahkan ke kendaraan yang menggunakan leaf spring sebagai helper.

perbedaan suspensi leaf spring dan air suspension

2. Perbedaan harga suspensi

Perbedaan yang kedua adalah mengenai masalah harga, untuk harga air suspension dijual lebih mahal dari suspensi leaf spring bahkan bisa beberapa kali lipatnya, bahkan ada yang sampai seharga lebih dari 40 juta hanya untuk sebuah air suspension sistem pada mobil kecil, dan hampir ratusan juta untuk sistem suspensi truk trailer dan bus.

Kenapa air suspension sanggup semahal itu ? Karena air suspension mampu menaruh ketenangan yg lebih dibandingkan memakai suspensi leaf spring. Berbeda menggunakan suspensi leaf spring yang harganya sangat terjangkau sekali.

Baca juga : Cara sederhana tapi ampuh dalam merawat suspensi mobil

3. Perbedaan tingkat kenyamanannya

Dari kedua jenis suspensi diatas, air suspension tentu saja memiliki tingkat kenyamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan suspensi leaf spring, karena hal ini pula lah harga air suspension di patok dengan harga yang sangat mahal. Gerakan air suspension terasa sangat lembut dan bahkan tidak berisik, lain halnya dengan suspensi leaf spring yang selain bunyi berisik saat digunakan untuk melibas lubang di jalan.

hal ini tentunya menciptakan penumpang jadi kurang nyaman jika kendaraan menghantam lubang yang relatif pada, karena akan ada hentakan yang sangat keras yang bila nir sanggup diredam dengan shock absorber akan terasa ke body tunggangan. Selain itu pada air suspension ketinggian tunggangan bisa di setting, misalnya yg mampu kalian lihat dalam bus yg mengaplikasikan air suspension dalam sistem suspensi mereka, body bus bisa dinaikkan atau diturunkan dengan memakai sebuah tombol.

4. Berdasarkan peruntukannya

Berdasarkan peruntukannya kedua suspensi ini juga memiliki perbedaan yang sangat mencolok, untuk suspensi jenis per daun sudah jelas diperuntukkan bagi kendaraan angkutan berat seperti truk, bus antar kota maupun truk besar seperti kontainer. Sedangkan untuk air suspension lebih diperuntukkan bagi mobil yang membutuhkan tingkat kenyamanan serta keamanan yang tinggi, misalnya diaplikasikan pada bus jenis pariwisata, truk trailer pengangkut bahan bakar minyak dan lain sebagainya. khusus untuk air bag nya bisa digunakan sebagai helper pada kendaraan truk maupun bus non air suspension agar hentakan bisa diredam dengan lebih baik.

lima. Berdasarkan perawatannya

Untuk perawatan antara kedua jenis suspensi ini juga sangat berbeda, suspensi leaf spring biasanya hampir bisa dikatakan free maintence, agar tidak mudah rusak kita cukup mengangkut beban sesuai dengan tonase truk atau bus yang bersangkutan. Sedangkan khusus untuk air suspension harus mendapatkan perhatian yang lebih ekstra, hal ini dikarenakan pada sebuah sistem air suspension terdiri dari banyak komponen seperti kantong udara, kabel kabel, kompressor, pressure gauge dan juga selenoid.

Agar kinerja air suspension sanggup maksimal dan nir bermasalah, kita perlu secara terencana memeriksa beberapa komponen tadi. Dengan kata lain air suspension perawatannya lebih rumit dibandingkan suspensi leaf spring.

Baca juga : Inilah berbagai kelebihan yang ada pada air suspension

Nah itulah tadi beberapa disparitas yang ada dalam ke dua jenis sistem suspensi leaf spring dan jua air suspension. Semoga informasi diatas mampu berguna

Posting Komentar

0 Komentar