Perbedaan Mobil SUV Dan Crossover

SUV vs Crossover - pasaran untuk mobil jenis SUV memang semakin memperoleh tempat di hati para konsumennya, namun disisi lain lahir variasi lain dari mobil SUV yang bahkan namanya lebih cepat naik dibandingkan SUV itu sendiri. Varian mobil tersebut bernama Crossover Utility Vehicle atau yang disingkat dengan CUV, dan beberapa orang lagi hanya menyebutnya sebagai mobil crossover.

Advertisement

SUV vs crossover

Jika anda lihat desain dari body kendaraan diantara keduanya, mobil jenis SUV memiliki bentuk desain yang lebih kaku dan terkesan mengkotak. Sementara untuk mobil jenis crossover desain body nya lebih terlihat elegan, body lebih miring dan memiliki lekukan yang lebih banyak. Nah salah satu hal yang bisa kalian jadikan patokan sebagai pembeda antara mobil SUV dengan mobil crossover ialah ground clereance nya, ground clereance untuk mobil crossover biasanya lebih rendah dibandingkan dengan mobil jenis SUV.

Baca juga : Mengenal apa itu ergonomis pada mobil

Namun demikian seiring perkembangannya membuat kita mengalami kesulitan dalam membedakan apakah mobil tersebut jenis SUV ataukah jenis crossover bila tidak membaca spesifikasi detail dari mobil yang kita lihat terutama di bagian rangka, karena saat ini keduanya mulai mengaplikasikan desain yang dinamis yang sengaja ditujukan untuk para konsumen di perkotaan.

Unibody VS Body on frame

Desain rangka dari kendaraan crossover mirip seperti kontruksi rangka mobil hatback, sedan, MPV dimana kontruksi rangka ini bersifat built-in. sedangkan kendaraan yang tergolong kedalam kategori SUV / proper SUV menggunakan kontruksi rangka yang kita kenal dengan sebutan body on frame dimana rangka model ini jamak kita temukan pada kendaraan seperti bus dan juga truk. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar dibawah ini.

rangka body on frame vs unibody

Dari segi kekuatannya, rangka model body on frame ini lebih kuat bila dibandingkan dengan rangka unibody, atau dengan kata lain kendaraan dengan rangka body on frame ini memiliki kemampuan dan ketahanan untuk menjelajahi medan off-road lebih baik dibandingkan dengan rangka unibody crossover, namun disisi lain model rangka body on frame ini lebih berat dibandingkan dengan unibody.

Bahkan karena meningkatnya minat konsumen akan kendaraan crossover, membuat beberapa pabrikan mobil seperti General Motor, Ford, dan Chrysler mulai membuang kendaraan jenis SUV yang identik dengan rangka model body on frame dan menggantikannya dengan rangka unibody. Dan juga salah satu pabrikan otomotif yang memiliki kendaraan off-road terkenal yakni Jeep pun mulai mengenalkan mobil cossovernya.

Mobil yang termasuk kedalam jenis SUV maupun Crossover

Toyota adalah pabrikan yang memiliki jenis kendaraan SUV paling banyak, beberapa seri SUV milik Toyota diantaranya adalah FJ Cruiser, Land Cruiser,4 runner, Sequoia dan juga Fortuner. Menduduki peringkat kedua pabrikan yang memiliki banyak seri mobil SUV ialah Nissan dengan Nissan Patrol, Nissan Xterra dan juga Nissan Armada.

Sedangkan mobil yang termasuk kedalam kategori Crossover atau CUV dari berbagai merek diantaranya adalah Honda HR-V, Mitsubishi Outlander, dan juga Ford Ecosport.

Baca juga : Tips mengetahui jenis mobil dari desain body nya

Nah itulah tadi penjelasan mengenai perbedaan dari mobil jenis SUV dan Crossover, semoga bermanfaat, silahkan di share artikelnya dan terima kasih sudah berkunjung.

Posting Komentar

0 Komentar