Resiko Setel Rantai Motor Terlalu Kencang

Bahaya rantai motor terlalu kencang - salah satu masalah yang sering menyerang rantai sepeda motor selain cepat aus adalah kondisi rantai motor yang suka kendor dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan sudah aus nya komponen karet predam yang ada didalam tromol belakang sepeda motor, sehingga membuat putaran roda tidak simetris dan rantai pun jadi kendor.

Advertisement

Resiko Setel Rantai Motor Terlalu Kencang

Memang kendornya rantai ini mampu diatasi menggunakan menyetel melalui baut penyetel yang terdapat pada bagian ujung arm motor. Nah pada proses penyetelan ini, umumnya masih ada pemilik motor yg iseng melakukannya sendiri dirumah tanpa membaca kitab panduan, juga membaca stiker berita yang mungkin tertempel pada bagian lengan ayun motor mengenai jarak bebas rantai. Dan penyetelan pun dilakukan secara dari yg bahkan ada yang menyetelnya terlalu kencang.

Penyetelan rantai sepeda motor yg terlalu kencang ini tentu sangat berbahaya, sebab rantai motor yg disetel terlalu kencang, taraf keausan rantai sebagai lebih cepat bahkan rantai motor bisa putus ditengah jalan. Apabila sampai rantai putus ditengah jalan disaat motor dipacu dengan kecepatan tinggi, telah niscaya si pengendara pun akan mengalami kecelakaan.

Nah oleh sebab itu jika kalian ingin memperbaiki kendaraan secara mandiri dirumah, sebaiknya baca terlebih dahulu buku paduan ataupun membaca keterangan stiker yang tertempel disana. Jarak bebas rantai sepeda motor biasanya maksimal tidak boleh lebih dari 2cm dan tidak boleh kurang dari 1 cm.

Untuk sepeda motor yg ternyata waktu rantainya disetel tetapi ketika roda diputar kondisinya kendor kencang sendiri, bisa dipastikan adanya kerusakan pada bagian bearing pula karet peredam yg masih ada didalam tromol. Sebaiknya perbaiki kerusakannya terlebih dahulu menggunakan jalan membarui sparepart yg rusak dengan yg baru, selesainya itu baru rantai sepeda motor sanggup disetel / diubahsuaikan.

Baca juga : Penyebab rantai motor kenceng kendor dan mengatasinya

Posting Komentar

0 Komentar