Saran Perawatan Mobil Setelah Dipakai Mudik

Perawatan mobil setelah mudik - lebaran telah usai dan arus balik pun berangsur angsur meningkat, setelah mobil digunakan untuk berlibur panjang lebaran ini tentunya perlu dilakukan perawatan yang lebih detail lagi pasca lebaran ini, dimulai dari perwatan berkala dan perawatan kaki kaki mobil yang digunakan mudik, terlebih lagi bagi mobil yang dipakai melibas jalanan yang kurang bersahabat.

Advertisement

Perawatan pasca mudik ini dinilai sangat penting guna menjaga agar kendaraan senantiasa dalam keadaan prima, serta mencegah kerusakan kerusakan yang lebih besar lagi di kemudian hari.

perawatan mobil pasca mudik
Suasana mudik lebaran, image source : tirto,id

Perawatan berkala mobil pasca mudik

Beberapa item yang biasanya perlu dilakukan pemeriksaan setelah mobil digunakan mudik diantaranya adalah penggantian oli mesin mobil, pengecekan seluruh fluida ( minyak rem, radiator, washer, minyak kopling, minyak power steering dll), pemeriksaan kondisi kaki kaki mobil, dan yang tidak kalah penting lainnya dan tidak bisa ditawar adalah spooring dan balancing mobil.

Spooring dan balancing ini sifatnya wajib bagi mobil yang telah selesai digunakan menempuh perjalanan jauh tanpa henti, fungsi dari spooring ini adalah untuk menyelaraskan geometri roda kendaraan bagian depan ataupun bagian belakang ke spesifikasi standarnya. Sehingga stabilitas kendaraan pun terjaga.

Syarat agar mobil bisa dilakukan spooring adalah kondisi kaki kaki atau understeel mobil haruslah bagus, yang artinya tidak ada kerusakan seperti ball join yang oblak, bearing roda longgar, dan lain sejenisnya. Jika kondisi kaki kaki mobil dipastikan bagus, barulah tindakan spooring bisa dilakukan.

Jika mengabaikan kerusakan sekecil apapun di bagian kaki kaki mobil, kemudian memaksakan melakukan tindakan spooring, maka hasil yang didapatkan tentu tidak akan maksimal.

Baca juga : Fungsi dan manfaat engine flush untuk mesin mobil

Posting Komentar

0 Komentar