Tips Agar Mobil Niaga Dan Taksi Online Lolos Uji KIR

Advertisement

Tips lolos uji KIR - bagi kalian yang sama sekali belum pernah melakukan pengujian KIR pada mobil niaga baik itu truk, pick up, ataupun mobil pribadi yang digunakan sebagai taksi online, pasti akan merasa bingung dan bertanya tanya apakah mobil kalian bisa lolos uji KIR ataukah tidak.

Nah sebagai bahan persiapan agar nantinya kendaraan beroda empat kalian mampu eksklusif lolos tanpa harus bolak balik ke bengkel

iji kir kendaraan
Image by : mediaindonesia,com

Tips agar mobil niaga dan taksi online lolos KIR

Kondisi kaki kaki yang sehat

Banyak kendaraan yang gagal dan tidak lolos dalam pengujian KIR ini dikarenakan adanya kerusakan di bagian kaki kaki kendaraan, entah itu shock absorber bocor, tie rod dan long tie rod yang oblak, kondisi ball joint yang bocor / kocak dan lain sebagainya. Bila petugas penguji menemukan adanya kerusakan di bagian kaki kaki atau understeel mobil, maka mobil tersebut tidak diloloskan dan harus dilakukan perbaikan terlebih dahulu, baru mengikuti ujian kembali. Nah maka dari itu pastikan kondisi kaki kaki mobil dalam keadaan bagus dan sehat, lakukan pemeriksaan dan perbaikan sebelum melakukan pengujian KIR.

Baca juga : Arti pemutihan pajak kendaraan bermotor yang wajib anda tahu

Kondisi lampu lampu yang berfungsi dengan baik

Pemeriksaan selanjutnya dalam proses uji KIR selain memeriksa kondisi kaki kaki mobil, pemeriksaan juga dilakukan pada bagian lampu lampu kendaraan apakah berfungsi dengan normal ataukah tidak, baik itu lampu penerangan utama, lampu senja, lampu kabut, lampu rem dan lampu indikator ketinggian untuk truk harus dalam keadaan berfungsi.

Termasuk juga klakson, lampu lampu indikator, dan odometer yang ada didalam dasboard mobil pun tak luput dari pemeriksaan. Jika ditemukan salah satu lampu tidak berfungsi secara normal maka mobil pun tidak lolos untuk uji KIR. Maka dari itu sebelum melakukan uji KIR pastikan kalian juga memeriksa fungsi dari lampu lampu mobil. Untuk mobil sejenis pick up maupun box disarankan membeli stok lampu cadangan karena kebanyakan lampu lampunya sering mati / putus.

Sistem pengereman yang bagus

Pada proses pengujian KIR ini juga diperiksa mengenai sistem pengereman mobil, jika diketahui rem mobil kurang pakem, maka mobil tidak diloloskan dan diharuskan memperbaikinya terlebih dahulu. Pastikan juga anda memeriksa kondisi sistem pengereman kendaraan sebelum di uji KIR.

Emisi gas buang kendaraan yang memenuhi standar

Pengujian emisi ini juga sangat berguna untuk mengurangi polusi zat racun di udara akibat proses pembakaran yang tidak sempurna oleh mesin mobil. Sebelum anda melakukan pengujian KIR pastikan anda lakukan tune up mesin kendaraan anda dan mintalah ke bengkel untuk mencoba menguji emisi kendaraan, jika ditemukan uji emisi kurang bagus, mintalah untuk diperbaiki.

Peralatan keselamatan dan darurat yang tersedia

Selanjutnya adalah mengenai peralatan keselamatan berupa sabuk pengaman yang harus berfungsi dengan baik, serta peralatan darurat seperti ban serep, dongkrak, segitiga merah pengaman, kunci roda dan sebagainya harus tersedia didalam mobil. Bila ternyata mobil anda belum terdapat peralatan tersebut silahkan anda beli dan simpan didalam mobil.

Baca juga : Begini cara blokir pajak mobil motor yang sudah dijual

Dari serangkaian pengujian KIR yang dilakukan diatas ditujukan agar nantinya kendaraan yang telah lolos uji dan dianggap layak, bisa beroperasi di jalan raya dengan aman dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari di jalan raya, seperti contohnya adalah kecelakaan.

Nantinya kendaraan yang lulus uji KIR akan mendapatkan buku sertifikat uji, plat uji serta stiker uji KIR. Nah semoga bermanfaat dan salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar