Tips Mencuci Mobil Agar Tidak Baret

Mencuci mobil tanpa baret - mencuci mobil adalah salah satu dari sekian banyak cara yang kita lakukan agar tampilan eksterior mobil senantiasa kelihatan bersih bersinar. Untuk urusan mencuci mobil, anda bisa menyerahkannya kepada bengkel ahli cuci mobil maupun di cuci sendiri.

Advertisement

Nah pada mencuci kendaraan beroda empat inipun ternyata nir asal-asalan, masih ada tahapan tahapan khusus yang harus dilakukan supaya cat body kendaraan beroda empat nir baret, jika keliru salam melakukan pembersihan, bukan hasil indah yang didapat, malah baret dalam mana mana.

tips mencuci mobil tanpa baret

Kebanyakan pemilik tunggangan beroda empat baru yg coba coba mencuci mobil sendiri dirumah, melakukannya secara sembarangan yakni menggunakan pribadi menyiramkan air, kemudian menggosokkan sabun ke seluruh permukaan body tanpa membersihkan debu debu yang melekat, hal inilah yang dikemudian hari dapat menyebabkan baret halus.

Baca juga : Peralatan standar untuk usaha cuci mobil

Bagi kalian yang ingin mencuci tunggangan beroda empat sendiri dirumah tanpa khawatir terjadi baret dalam bagian atas cat, dibawah ini terdapat sedikit pedoman mencuci mobil sendiri dirumah tanpa kuatir baret.

Tahap pertama yg harus kalian lakukan adalah mempersiapkan seluruh kebutuhan mencuci contohnya wadah sabun, sabun spesifik cuci kendaraan beroda empat, kain / spon untuk mencuci

Setelah itu anda bisa menyiramkan sabun khusus untuk cuci mobil keseluruh permukaan body mobil, dan sebaiknya anda menunggu hingga sabun tadi juga luruh / turun sehingga debu / pasir yang kemungkinan tidak tersapu oleh semprotan air, bisa ikut terbawa turun bersamaan luruhnya sabun. Setelah itu anda bisa menyiramkan sabun untuk yang kedua kalinya sembari menggosok secara halus permukaan cat mobil dengan menggunakan spons / kain khusus untuk cuci mobil. Dengan demikian tidak ada partikel pasir dan debu yang ikut tergosok dan membaretkan permukaan cat mobil.

Setelah seluruh permukaan body mobil di sabun dan digosok secara merata, anda bisa menyemprotkan air keseluruh permukaan body mobil untuk membilas sabun hingga bersih. Dan terakhir adalah mengeringkan permukaan cat body mobil dengan menggunakan lap chamois atau kanebo yang bertujuan agar tidak ada air sisa cucian yang menggenang, jika tidak maka sisa air cucian yang menggenang ini dapat menimbulkan kerak / bercak putih yang akan susah untuk dihilangkan.

Baca juga : Contoh kesalahan saat mencuci mobil paling sering terjadi

Beberapa hal lain yang perlu anda perhatikan

Pastikan anda menyiapkan dua wadah air sabun, satu wadah untuk mencuci / membersihkan kain ataupun spons pencuci sesaat setelah digunakan membersihkan, dan wadah sabun yang satunya lagi digunakan untuk menyiram / mencuci body mobil.

Pastikan juga anda memakai alat pencuci yang lembut dan halus, seperti misalnya menggunakan spons khusus untuk mencuci mobil, maupun penggunaan kain micro fiber yang memang dianjurkan oleh para pakar detailing mobil. Untuk kain penggosok juga sebaiknya anda bedakan, antara kain yang dipakai untuk membersihkan body mobil dengan kain yag digunakan untuk membersihkan bagian spakbor, velg maupun kolong mobil.

Agar tampilan cat mobil lebih berkilau dan terawat, ada baiknya anda melapisi permukaan cat mobil sehabis dicuci dengan menggunakan WAX secara berkala, atau lebih baik lagi jika mobil tersebut adalah mobil baru untuk dilakukan coating. Pemberian wax maupun coating selain membuat tampilan permukaan cat mobil menjadi berkilau, juga menghindarkan jamur berkembang biak disana, dan yang paling penting adalah mempermudah proses mencuci selanjutnya.

Baca juga : Mencuci ruang mesin mobil ternyata boleh, asal . . . baca disini

Itulah tadi penjelasan mengenai cara mencuci mobil sendiri dirumah tanpa takut baret, semoga bermanfaat dan jangan lupa dibantu share artikelnya agar bermanfaat juga untuk orang lain yang membacanya. Salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar