Tongkat Perseneling Bergetar, Ini Penyebab Dan Mengatasinya

Perbaiki tuas perseneling bergetar - tuas atau tongkat perseneling pada mobil bertransmisi manual ialah berfungsi sebagai pemindah gigi transmisi entah itu naik ke gigi yang lebih tinggi maupun turun ke gigi yang lebih rendah. Karena tuas perseneling ini sering di mainkan seperti ini, tentu saja dapat mengalami kerusakan.

Advertisement

Beberapa kerusakan yang umumnya terjadi ialah perseneling susah masuk, tuas perseneling macet atau terkunci, dan tuas perseneling bergetar

transmisi panther

Penyebab tongkat transmisi bergetar

Tuas atau tongkat transmisi yang seringkali mengalami bergetar dan berisik adalah tongkat transmisi mobil yang posisinya langsung menancap di bagian transmisi mobil tanpa penghubung kabel, beberapa contoh mobil dengan model transmisi ini diantaranya adalah Isuzu Panther, Toyota kijang kapsul. Toyota kijang innova, ferroza dan lain sebagainya. Dan bagian yang mengalami kerusakan sehingga menyebabkan timbulnya getaran pada tuas transmisi ini adalah sudah aus nya komponen bushing atau bos dari tongkat tersebut sehingga tongkat transmisi ini menjadi oblak dan bergetar.

Cara memperbaiki tongkat perseneling bergetar Untuk melakukan perbaikan tongkat transmisi bergetar sangatlah mudah, cukup anda ganti bushing yang aus tadi dengan komponen yang baru, harga dari bushing ini juga tidak terlalu mahal, untuk proses perbaikan anda dapat langsung menyerahkan ke bengkel langganan anda, atau bisa kalian lakukan sendiri dirumah jika memiliki banyak waktu luang.

Perbaiki sendiri tuas transmisi bergetar

Pertama tama anda harus mencopot baut atau skrup dari karet boot transmisi, untuk yang tanpa skrup seperti halnya panther cukup tarik saja keluar karet boot nya. Bagi kendaraan yang terdapat boks tambahan tempat minuman silahkan dilepas terlebih dahulu.

Setelah terbuka semua penghalang yang ada, disana nanti anda akan menemukan sebuah tongkat transmisi yang menancap langsung di bagian transmisi mobil, dan terdapat sebuah pengunci plat berbentuk bulat. Lepas pengunci tersebut dengan cara menekannya lalu memutarnya berlawanan jarum jam sehingga tongkat transmisi tadi dapat dicabut.

Pada bagian ujung tongkat transmisi tadi anda akan menemukan sebuah bushing plastik berwarna putih dan juga pada bagian lubang transmisinya juga terdapat sebuah bushing mangkok berwarna putih, silahkan anda ganti kedua bushing ini dengan yang baru.Sampai disini proses penggantian bushing tongkat transmisi sudah selesai dan anda bisa memasangkan kembali tongkat transmisinya kedalam transmisi, menguncinya dan mengembalikan segala sesuatu yang anda lepas hingga rapi kembali.

Baca juga : Penyebab perseneling mobil susah masuk

Nah dengan mengganti bos tongkat perseneling yang sudah mengalami keausan ini, akan membuat tongkat perseneling mobil yang semula bergetar menjadi hilang dan teratasi, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Posting Komentar

0 Komentar