Bahaya Gunakan Semir Ban Silikon Terlalu Sering

Semir ban berbahaya - sudah menjadi ritual yang umum di beberapa salon cuci mobil ataupun jasa cuci mobil di pinggir jalan akan menyemir ban mobil setelah selesai mencuci kendaraan, hal ini bertujuan agar ban mobil menjadi lebih mengkilap. Bahkan tidak afdol rasanya setelah mencuci mobil jika tidak menyemir ke empat ban nya sekalian.

Advertisement

bahaya gunakan semir ban

Tetapi tahukah anda bahwa tidak seluruh jenis semir pada pasaran ini yang rupawan dipakai dalam jangka saat yang lama , bahkan beberapa jenis semir ban pun dianggap sebut sebagai pemicu kerusakan ban secara dini, yakni menciptakan ban menjadi lebih keras nir kenyal seperti umumnya, dan pula menciptakan syarat dinding karet ban sebagai retak retak yang tentunya akan sangat beresiko pecah ban.

Baca juga : Ini perbedaan wax dan poles yang harus kamu ketahui

Dipasaran sendiri semir ban kendaraan beroda empat terbagi kedalam dua jenis, yang pertama adalah semir ban menggunakan bahan dasar air atau water based, & yang kedua adalah semir ban yang berbahan dasar silikon. Dari ke 2 jenis semir ban inipun pula mempunyai kelebihan & kekurangannya masing masing. Adapun kelebihan & kekurangan berdasarkan masing masing jenis semir diataranya merupakan menjadi berikut

Semir berbahan dasar air / water based

Kelebihan dari semir ban jenis ini adalah semir ban sangat ramah lingkungan serta tidak merusak permukaan karet ban meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama sebab memang bahan dasar dari semir ini hanyalah air. Namun karena bahan dasar yang digunakan inilah yang juga menjadikan kelemahannya, yakni semir ban tidak dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, terlebih jika terguyur hujan maka semir jenis ini akan langsung hilang.

Semir ban berbahan dasar silikon

Jenis semir yang kedua ialah semir yang bahan dasarnya terbuat dari silikon kental, kelebihan dari semir ban berbahan silikon ini ialah dapat memberikan efek kilap yang lumayan lebih lama dibandingkan dengan semir ban water based. Sedangkah kekurangan dari semir ban jenis ini adalah jika digunakan terlalu sering dan dalam jangka waktu lama dapat merusak ban, seperti ban menjadi tidak kenyal alias mengeras, getas dan retak retak halus.

Nah diatas adalah beberapa kelebihan & kekurangan dari semir berbahan dasar air pula semir berbahan dasar silikon dan bahayanya bagi ban tunggangan kita. Sebagai pemilik kendaraan beroda empat kita tentunya pula wajib tahu akan resiko yang akan kita hadapi dikemudian hari mengenai pemakaian semir ban ini.

Anda permanen mampu menggunakan semir ban berbahan dasar silikon namun jangan menggunakannya secara terus menerus, contohnya saja anda sanggup memakainya setiap 2 minggu sekali atau satu bulan sekali. Selain itu anda juga perlu cermat dalam menentukan brand semir silikon terbaik. Semoga berguna

Baca juga : Jenis merk semir ban rekomendasi terbaik

Post a Comment

0 Comments