Beli Mobil Utamakan Fitur ABS Atau Air Bag ?

Tips membeli mobil - setidaknya ada 3 macam perlengkapan keselamatan pada sebuah mobil yang pertama adalah sabuk keselamatan atau safety belt, kemudian yang kedua ialah perangkat ABS pada sistem pengereman, dan yang ketiga adalah perangkat SRS Air Bag, namun di indonesia hanya hingga saat ini hanya memprioritaskan sabuk keselamatan, sedangkan ABS dan Air Bag hanya merupakan perangkat opsional saja.

Advertisement

Beli Mobil Utamakan Fitur ABS Atau Air Bag ?

Bila anda ingin melengkapi kendaraan dengan tambahan fitur keselamatan, lebih prioritas yang manakah antara ABS dan Air Bag ?

Memang jika mobil yang dilengkapi kedua perangkat keselamatan tambahan tentunya lebih baik lagi, namun tentu saja semakin komplit fitur maka harga mobil pun semakin mahal pula. Dan jika budget kita sangat terbatas dan harus memilih salah satu diantara kedua fitur tambahan ABS dan Air Bag, maka pilihlah yang fitur ABS, sebab fitur Air Bag merupakan perangkat keselamatan pasif dan hanya akan aktif disaat mobil mengalami kecelakaan hebat, belum lagi masih banyak syarat yang diperlukan agar Air Bag dapat mengembang ketika terjadi kecelakaan.

Baca juga : Pengertian dan fungsi ABS ( Anti Lock Bracking System )

Sedangkan fitur ABS merupakan perangkat keselamatan yang bersifat aktif, mampu membantu anda mengendalikan laju kendaraan, terutama ketika anda melakukan pengereman mendadak ( hard brake ), misalnya saat menghindari hewan atau pejalan kaki yang sedang menyeberang jalan. Tanpa adanya sistem ABS, ketika anda melakukan pengereman mendadak dan banting setir bisa membuat anda terlibat dalam kecelakaan.

Nah jadi jika anda ingin membeli sebuah mobil dengan dana yang minim namun menginginkan fitur keamanan yang lebih, bisa memilih mobil yang telah di lengkapi dengan sistem rem berteknologi ABS saja. Namun jika anda memiliki budget yang tak terbatas, tentu memiliki kedua fitur canggih diatas adalah pilihan yang terbaik. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Kelebihan rem ABS dibandingkan rem non ABS

Post a Comment

0 Comments