Benarkah Memoles Body Mobil Bikin Cat Jadi Tipis ?

Detailing mobil - salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan detail exterior mobil yang paling murah dan cepat pengerjaannya ialah melakukan poles body mobil. Pemolesan pada bagian permukaan at body mobil ini fungsinya adalah mengembalikan warna cat body mobil yang kusam agar nantinya menjadi mengkilap dan kinclong seperti cat mobil baru.

Advertisement

Benarkah Memoles Body Mobil Bikin Cat Jadi Tipis ?

Diluar sana banyak sekali pro dan kontra mengenai poles atau polish body mobil ini, dan rata rata orang yang kontra ini mengatakan bahwa melakukan poles body mobil ini akan membuat lapisan pengkilap cat atau pernis menjadi semakin tipis. Apakah memang benar demikian, jika memoles body mobil bisa menyebabkan lapisan vernis ini semakin menipis ?

Baca juga : Belajar detailing mobil sendiri untuk pemula

Polis berbeda dengan Wax, jika Wax lebih ke arah perlindungan cat body, maka poles body ini bertujuan untuk mengembalikan warna mobil yang semula kusam menjadi cling mengkilap kembali, caranya adalah dengan mengikis lapisan vernis atau pengkilap yang ada dibagian paling luar yang kondisinya sudah buram ini, hasilnya tampilan cat body mobil menjadi jernih kembali.

Pengikisan lapisan pernis ini juga tidak dilakuka secara sembarangan, sebab dalam pengerjaannya para pakar atau ahli poles body mobil menggunakan cairan abrassive atau cairan khusus untuk mengikis permukaan pernis tadi yang berukuran mikro, jadi lapisan vernis yang dikikis ini hanya dalam ukuran mikro saja, tidak terangkat atau habis seluruhnya.

Jadi kesimpulannya memang benar melakukan poles body ini bisa menyebabkan lapisan pernis yang berfungsi sebagai pengkilat cat ini terkikis, namun hanya berukuran mikro saja. Untuk memoles body mobil juga dianjurkan jangan terlalu sering.

Untuk mobil lama yang belum pernah tersentuh detailing dan terlanjur buram, anda bisa melakukan poles body mobil ini setidaknya dua tahun sekali, dan setelah dipoles pastikan anda rutin melakukan wax guna menjaga tampilan body mobil senantiasa mengkilap, dengan melapisi cat mobil dengan lapisan wax selain membuat tampilan cat selalu terlihat cling, juga dapat melindungi cat body mobil dari cuaca yang bisa membuatnya menjadi cepat kusam.

Baca juga : Apa itu coating mobil ? ini dia manfaat dari melakukan coating mobil

Jika mobil anda adalah mobil baru, disarankan untuk melakukan poles cat body mobil ini sekali saja, fungsinya untuk menghaluskan permukaan cat yang kasar dari pabrikan. Kemudian setelahnya anda bisa mengaplikasikan laminating mobil guna perlindungan cat dari serangan jamur, kerak dan kotoran serta mempermudah kita dalam melakukan perawatan lanjutan.

Post a Comment

0 Comments