Cara Kenali Jenis Mobil Berdasarkan Bentuknya

Mengenal jenis jenis mobil - sejak pertama kali mobil diciptakan hingga saat ini tentu saja mengalami banyak sekali perkembangan serta perubahan, entah itu dari teknologi yang tercipta sampai dari bentuk dan jenisnya. Banyak sekali orang yang tidak begitu paham mengenai jenis jenis mobil, yang mereka tahu mobil ya rodanya empat hehehe.

Advertisement

Mobil yang ada dipasaran ini sangat beragam bentuknya, dan dari masing masing bentuk mobil ini pun memiliki namanya sendiri sendiri. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas dan sedikit menjelaskan mengenai jenis jenis mobil jika dilihat dari desain / bentuk body nya.

1. Mobil Convertible

mobil jenis Convertible
Image source : Autoevolution.com

Mobil yang bagian atapnya dapat dilipat adalah jenis mobil yang masuk kedalam kategori convertible. Dengan demikian mobil jenis ini dapat diubah ubah pada bagian atasnya, apakah mau dipakai dalam keadaan atap tertutup atau atap terbuka. Dan mobil jenis converse ini pun masih dibagi lagi kedalam dua jenis, yakni hard convertible dan soft top convertible. Jenis hard conversible adalah mobil yang bagian atapnya terbuat dari bahan plastik atau material keras lain seperti aluminium, sedangkan yang soft top convertible pada bagian atapnya terbuat dari bahan kanvas.

2. Mobil Coupe

mobil coupe
Image source : Pinterest.com

Jenis mobil yang kedua ialah mobil coupe yang memiliki desain unik, yakni desain di bagian atapnya cenderung turun kebelakang. Dan salah satu ciri khas dari mobil jenis coupe ini adalah mobil tersebut hanya memiliki 2 buah car seat atau 2 kursi saja, walaupun ada juga mobil jenis coupe saat ini yang memiliki 4 car seat namun yang jelas daun pintu mobil hanya ada dua buah saja.

3. Mobil Hatchback

mobil jenis hatback

Mobil hatback ialah salah satu jenis mobil yang banyak sekali dipasarkan di indonesia, mobil hatback ini adalah mobil yang memiliki desain ruang kabin penumpang yang menyatu dengan ruang bagasi mobil yang mana memberikan keleluasaan kita dalam mengatur barang bawaan nantinya. Mobil hatback ini biasanya memiliki pintu berjumlah 5 buah, 4 pintu untuk akses ( keluar dan masuk )penumpang, dan 1 pintu lagi adalah pintu bagasi. Desain rata rata mobil hatback tergolong kecil sehingga mobil hatback mendapat julukan sebagai city car.

Baca juga : Cara agar suspensi mobil xenia - avanza jadi empuk

4. Mobil Sedan

mobil jenis sedan
Image source : http://automobiles.honda.com/2016/accord-sedan/

Jenis mobil yang ke 4 ialah mobil sedan yang juga sering disebut dengan mobil saloon. sedan pada umumnya memiliki kapasitas penumpang berjumlah 5 orang, 2 orang dibagian depan dan 3 lainnya di bagian belakang. Pintu mobil sedan ini layaknya mobil hatback yakni berjumlah lima buah, 4 untuk akses keluar masuk orang, dan 1 pintu lainnya adalah pintu bagasi mobil. Dan yang membedakan antara mobil Sedan dan hatback adalah antara bagasi dan ruang kabin penumpang ini terpisah.

5. Mobil Sport Utility Vehicle ( SUV )

mobil jenis suv
captiva suv car

Mobil Sport Utility Vehicle atau yang biasa disebut dengan singkatan SUV ini adalah jenis mobil yang didesain dan diciptakan untuk melibas baik jalanan ber aspal maupun jalanan off road. Dan mobil jenis SUV ini dapat mengangkut orang / penumpang beserta barang bawaan yang jumlahnya lumayan banyak, Hal ini pula lah yang membuat desain mobil SUV juga lumayan besar. Rata rata mobil SUV ini menggunakan sistem penggerak 4 roda, Meskipun beberapa mobil yang masuk kedalam kategori SUV ini masih menggunakan sistem penggerak 2 roda.

6. Mobil Multi Purpose Vehicle ( MPV )

mobil jenis mpv

Mobil yang masuk kedalam kategori MPV ini memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan mobil sedan, namun masih tetap memiliki tingkat kenyamanan seperti halnya sedan. Dengan dimensi yang lebih besar dari sedan in maka mobil yang termasuk kedalam jenis mobil MPV ini dapat mengangkut penumpang lebih banyak dibanding mobil sedan.

7. Mobil Station Wagon

mobil jenis station wagon
Image source : http://www.carsmagazine.info/audi-a4-review/

Yang terakhir adalah mobil station wagon yang memiliki basis desain mirip dengan mobil sedan, namun pada mobil jenis station wagon ini memiliki dimensi panjang yang lebih dibandingkan sedan, Hal ini dikarenakan body dari mobil station wagon dipanjangkan kebelakang sehingga bentuknya menyatu dengan bagian bagasi sehingga pada ruang bagasi dan ruang kabin penumpang menyatu.

Baca juga : Kenapa lebih laku avanza padahal xenia lebih murah ?

Nah cukup sampai disini pembahasan kami mengenai jenis jenis mobil dilihat dari bentuknya, semoga bermanfaat dan silahkan di share artikelnya, terima kasih sudah berkunjung.

Post a Comment

0 Comments