Cara Menyetel Tinggi Body Mobil Panther

Cara menyetel tinggi body mobil - salah satu permasalahan mobil jadul layaknya mobil Toyota kijang kapsul maupun Isuzu Panther ialah mengenai ketinggian body depan mobil yang tidak sama antara yang kiri dengan yang kanan sehingga mobil terlihat miring ketika dilihat dari depan.

Advertisement

Selain kurang sedap dilihat, ketinggian body tunggangan beroda empat yg tidak seimbang ini juga bisa mensugesti manuver tunggangan beroda empat, kendaraan beroda empat akan cenderung lebih mudah bermanuver ke sisi yang lebih rendah sehingga rasa nyaman pun sedikit berkurang. Nah maka menurut itu apabila anda adalah pengguna tunggangan beroda empat kijang kapsul juga Isuzu panther yg body depannya miring, maka masih ada baiknya lakukan penyetelah ketinggian body kendaraan beroda empat.

Cara Setel Tinggi Body Mobil Panther

Anda bisa melakukan penyetelan ketinggian body mobil ini di bengkel resmi, bengkel spesifik understeel juga di bengkel spooring, namun apabila anda iseng ingin mencoba melakukan penyetelan ketinggian body kendaraan beroda empat, dibawah ini adalah panduan cara menyetel body mobil panther yang bisa kalian ketahui.

Sediakan indera & bahan buat menyetel tinggi body kendaraan beroda empat

  • Dongkrak mobil
  • Kunci ring ukuran 22" ( 22 inchi )
  • Meteran atau alat ukur panjang lainnya
  • Pisau pemotong / cutter untuk memotong karet dumper ( opsional jika diperlukan )

Langkah menyetel ketinggian body kendaraan beroda empat

Sebelum melakukan penyetelan ketinggian body mobil pastikan beberapa komponen seperti shockbreaker, tierod, long tierod dalam keadaan bagus alias tidak rusak. Kemudian dalam menyetel ketinggian body mobil agar tidak terlalu rumit dan memakan waktu bisa menyetel salah satu sisi untuk disamakan dengan sisi lainnya dengan catatan tidak lebih tinggi dari tinggi body belakang. misalnya jika tinggi body diukur dari bibir velg paling atas, ketinggin body belakang sekitar 20 cm, yang kiri sekitar 17cm dan sedangkan yang kanan hanya sekitar 12 cm, maka anda bisa menyetel tinggi body sebelah kanan untuk disamakan. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut :

Cara Menyetel Tinggi Body Mobil Panther

Dongrak bagian depan kendaraan hingga posisi ban terangkat sepenuhnya, hal ini agar anda lebih mudah dalam memutar baut penyetel torsi. Setelah roda depan terangkat sepenuhnya, silahkan anda putar kepala baut penyetel torsi seperti yang terlihat pada gambar yang dilingkari dengan warna kuning diatas guna melakukan penyetelan ketinggian. Untuk menaikkan tinggi body silahkan diputar searah jarum jam, sedangkan untuk menurunkan ketinggian body anda bisa memutarnya berlawanan jarum jam. Sebagai permulaan anda bisa memutar kepala baut penyetel torsi tersebut sebanyak 1 putaran penuh, kemudian turunkan dongkrak dan enjot enjot body depan mobil, selanjutnya silahkan diukur menggunakan meteran, jika ketinggian masih belum sama tinggi anda bisa mengulangi langkah diatas sampai diperoleh ketinggian body mobil yang sama.

Setelah ketinggian body mobil diperoleh, jangan lupa untuk memotong karet dumper yang terpasang di upper atau lower arm "hanya jika anda menurunkan atau menaikkan body mobil secara ekstrim" , hal ini dimaksudkan agar gerakan ayun dari lower arm tadi menjadi tidak mentok, lokasi karet dumper seperti terlihat pada gambar yang ditunjukan dengan lingkaran dan panah kuning diatas.

Jika anda menurunkan body mobil maka karet dumper yang harus dipotong adalah yang terpasang dekat dengan lower arm, sedangkan jika anda menaikkan body mobil maka anda perlu memotong karet dumper yang terpasang di bagian upper arm. Cara pemotongannya juga tidak boleh sembarangan, yakni dengan menurunkan / melepas dongkrak, kemudian perhatikan apakah karet dumper tadi jaraknya mepet sekali, jika mepet anda bisa memotongnya sekitar 1 sampai 2 cm an saja, namun jika tidak terlihat mepet maka anda tidak perlu melakukan pemotongan.

Setelah penyetelan dan pemotongan selesai, langkah terakhir adalah lakukan tes atau uji jalan dengan berkeliling di jalanan.

Baca juga : Tips melakukan perawatan pada panther tua

Catatan penting

Jangan menyetel ketinggian body mobil bagian depan sama tinggi atau lebih tinggi dibandingkan ketinggian body belakang, usahakan selisih ketinggian bagian depan mobil maksimal lebih rendah 2,5 hingga 3 cm saja.

Post a Comment

0 Comments