ISUZU ELF MINIBUS NARIK KIRI, LAKUKAN HAL INI

Mobil minibus ELF narik kiri - Isuzu ELF model minibus ialah salah satu kendaraan angkutan massal yang paling banyak digunakan oleh para pengusaha tour dan travel karena selain mesin Isuzu yang terkenal bandel, juga sangat efisien soal penggunaan bahan bakar sehingga lebih ekonomis digunakan sebagai mobil niaga, khususnya angkutan penumpang.

Advertisement

Kerusakan yang terjadi pada minibus ELF ini yang sering terjadi tidaklah membuat kantong sang empunya mobil jebol asalkan mereka selalu rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala baik itu perawatan mesin nya maupun perawatan suplemen seperti spooring dan balancing guna menjaga agar kondisi kaki kaki mobil tetap sehat.

Untuk masalah seputar spooring sendiri yang paling sering terjadi adalah setir kemudi yang miring dan minibus cenderung narik ke kiri sendiri sewaktu setir mobil dilepas. Banyak sekali penyebab kenapa hal ini bisa terjadi mulai rem tromol depan yang macet disalah satu sisinya, kondisi ban yang benjol di salah satu sisinya, hingga yang tidak masuk akal adalah tidak ditemukannya kerusakan baik pada sistem rem maupun ban yang benjol, namun mobil tersebut cenderung narik ke kiri.

Bagi sopir minibus khususnya minibus Isuzu ELF anda bisa mencoba mengatasi mobil minibus ELF yang narik kekiri dengan melakukan rotasi ban, lakukan pemindahan ban bagian depan kiri dan depan kanan, jangan lupa rapatkan dan kencangkan mur roda dan cobalah lakukan tes jalan kembali. Jika minibus masih dirasa narik kekiri, coba lakukan rotasi pada bagian ban depan kanan dan belakang kanan, jangan lupa rapatkan dan kencangkan kembali mur rodanya dan cobalah lakukan tes jalan.

Baca juga : Cara spooring truk bus minibus sendiri dengan meteran

Ingat tips diatas bisa kalian lakukan setelah melakukan pemeriksaan understeel mobil termasuk memeriksa king pin, bearing roda, kondisi rem depan, serta kondisi ban yang bulat sempurna. Rem yang macet sebelah maupun ban yang benjol / putarannya tidak bulat sempurna bisa menyebabkan mobil cenderung lari kiri.

Cara mengecek kondisi rem yang macet

Silahkan anda dongkrak bagian depan mobil hingga kedua roda terangkat dan tidak menyentuh ke tanah, kemudian silahkan anda pompa pedal rem, setelah itu coba putar roda depan kendaraan apakah terputar dengan sempurna atau terdapat indikasi rem macet. Jika rem mobil terasa macet silahkan anda setel atau lakukan perbaikan terlebih dahulu.

Cara memeriksa kondisi ban mobil yang benjol

Caranya sama dengan cara diatas yakni dongkrak bagian depan kendaraan hingga roda roda bagian depan terangkat sepenuhnya. Selanjutnya silahkan anda putar roda tersebut menggunakan tangan sehingga ban akan terputar dengan kencang, selanjutnya anda bisa memeriksa putaran roda tersebut baik dari arah sisi maupun dari arah depan. Jika ban tersebut benjol sebaiknya ganti dengan ban yang kondisinya bagus, sebab ban benjol jika ditaruh depan akan memberi efek narik ke salah satu sisi, sedangkan jika ditaruh di posisi belakang akan membuat body mobil menjadi goyang.

Cara memeriksa kerusakan king pin Kerusakan yang terjadi pada sebuah king pin ialah adanya celah atau oblak saat roda mobil digoyangkan ke arah atas bawah, maupun kondisi king pin yang macet akibat kurangnya pelumasan. Cara memeriksanya sangat mudah, silahkan anda angkat bagian depan kendaraan sampai roda terangkat seluruhnya, kemudian mintalah bantuan teman guna menginjak pedal rem sekuat mungkin, hal ini wajib jika anda ingin mengetahui kerusakan king pin. Selanjutnya anda pegang roda mobil di bagian atas dan bawah atau posisi jam 12 dan jam 6, kemudian gerak gerakkan atau goyangkan kearah luar dalam, jika terasa adanya freeplay atau terasa oblak hal ini menandakan bahwa king pin mengalami kerusakan. Cek juga apakah king pin macet atau tidak, caranya silahkan anda belokkan roda tersebut kekiri dan kekanan, jika dirasa berat bisa dipastikan bahwa king pin tersebut macet.

Untuk hasil terbaik tentunya ada lakukan spooring dan balancing di tempat langganan anda maupun di bengkel resmi terdekat. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments