Jarang Dilumasi, Awas King Pin Truk Mudah Rusak

Perawatan kendaraan truk - masalah yang sering timbul pada kaki kaki kendaraan komersil sekelas truk maupun bus ialah mudah longgarnya bearing roda, bocornya shock absorber hingga longgarnya king pin roda depan truk yang akhirnya akan membuat kemudi truk susah untuk dikendalikan.

Advertisement

king pin truk

Sebenarnya kerusakan pada bagian king pin ini sangat umum terjadi dalam kendaraan truk muatan berat yg sporadis diperhatikan perawatannya, karena kebanyakan memang kendaraan komersil yang satu ini merupakan kendaraan tempur yang dipacu terus menerus untuk bekerja.

Selain faktor jalanan

Baca juga : Ketahui penyebab As truk sering patah disini

Nah agar tidak terjadi hal yang demikian, sebaiknya anda rutin untuk melumasi bagian king pin dengan vet atau grease di bengkel truk langganan anda. Dengan rutin melumasi king pin dengan grease tembak ini, maka debu atau pasir yang menempel dan masuk akan terdorong keluar oleh grease tadi sehingga membuat umur pakai king pin lebih awet.

Jangan lupa juga anda rutin mengecek kaki kaki truk khususnya di bagian depan, jika terdapat bearing roda yang longgar segera lakukan penyetelan dan penambahan grease agar bearing pun juga panjang umur.

Akibat king pin rusak dan tidak diperbaiki

Terkadang ada juga pemilik ataupun sopir yang mengetahui king pin truk mereka sudah mulai aus dan terjadi oblak, namun tetap saja membiarkan hal ini dan lebih memilih tidak melakukan tindakan apa apa, padahal jika king pin truk sudah rusak, aus dan oblak jika tidak diganti dengan yang baru dapat membuat pengendalian setir kemudi menjadi liar.

Lama kelamaan akibat pergerakan king pin yang sudah aus ini menyebabkan ban depan truk menjadi keriting atau bergelombang dibagian sisi luar dan sisi dalamnya, dan lama kelamaan kondisi seperti ini akan memperparah pengendalian kemudi truk yang semula liar bertambah lagi menjadi liar plus semi bergetar.

Baca juga : Belajar spooring truk dan minibus secara manual sendiri

Truk yang dirawat dengan baik tentu saja akan panjang umur dan terhindar dari biaya tak terduga akibat kerusakan yang timbul. Semoga bermanfaat dan silahkan di bantu share artikel ini, terimakasih sudah berkunjung.

Post a Comment

0 Comments