Kelebihan Kekurangan Menggunakan Velg Ban Kecil

Modifikasi velg mobil kecil - setelah beberapa waktu yang lalu kita membahas mengenai kelebihan serta kekurangan dari modifikasi mobil menggunakan velg yang lebih besar dari ukuran standar, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas kebalikannya, yakni kelebihan serta kekurangan menggunakan velg dan ban yang kecil pada sebuah mobil.

Advertisement

Kelebihan Kekurangan Menggunakan Velg Ban Kecil
Credit of image : Carjunky.Com

Velg dan ban adalah galat satu komponen paling krusial yg masih ada dalam sebuah kendaraan baik itu motor juga kendaraan beroda empat, sang karenanya pemilihan besar kecil nya komponen ini wajib diperhatikan menggunakan baik, terlebih lagi tentang material bahan yg dipakai haruslah yang terbaik.

Baca juga : Ini bahaya memakai velg replika pada mobil

Nah buat modifikasi velg dan ban pun ada kelebihan dan kekurangannya masing masing,

#Kelebihan pakai velg dan ban kecil

1. Membuat setir kemudi menjadi lebih ringan

Menggunakan dimensi kaki kaki yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran standar ialah dapat membuat setir kemudi menjadi lebih ringan terutama saat dibelokkan. Karena hal ini pulalah banyak pemilik mobil yang belum didukung teknologi powersteering biasanya menggunakan velg dan ban berukuran kecil untuk meringankan setir kemudi sehingga sopir tidak gampang merasa lelah.

2. Lebih irit bahan bakar

Dengan cara berkendara yang sama, penggunaan velg serta ban yang kecil ini lebih hemat bahan bakar, karena pada umumnya bobot dari velg ban kecil ini lebih ringan dibandingkan dengan velg besar / lebar sehingga mesin mobil pun tidak terlalu terbebani dengan berat velg, sehingga tingkat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

3. Meningkatkan akselerasi mobil

disamping hemat bahan bakar, karena bobotnya yang lebih ringan ini tentu saja akan membuat beban kendaraan menjadi lebih ringan, hasilnya sudah tentu akselerasi mobil semakin meningkat. Dan lagi lagi inilah alasan kenapa kebanyakan mobil ataupun motor yang digunakan ajang balap akselerasi memakai velg yang lebih kecil, pada sepeda motor terdapat istilah velg dan ban cacing.

#Kekurangan pakai velg dan ban kecil

Selain kelebihan tentu tak afdol rasanya jika tidak menyebutkan kekurangannya juga, nah beberapa kekurangan pemakaian velg dan ban berukuran kecil ini diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Kurang nyaman melintasi jalanan jelek

Karena ukuran ban yang kecil ini tentunya akan membuat ban dengan mudah masuk kedalam lubang di jalanan walaupun ukuran lubang tersebut kecil, sehingga membuat kenyamanan berkendara menjadi sedikit terganggu dengan pemakaian ban serta velg berukuran mini ini. Salah satu alasan kenapa lebih banyak orang mengganti roda mobil mereka dengan ukuran yang lebih besar ketimbang menggantinya dengan ukuran yang lebih kecil ini adalah masalah kenyamanan, semakin besar velg dan ban tentu ketika melintasi jalanan jelek dan berlubang efek hentakan tidak akan terasa, setidaknya berkurang.

2. Tidak dapat digunakan angkutan berat Karena ukuran dimensi velg dan juga ban yang kecil pula, membuat mobil yang mengaplikasikan roda roda mini ini menjadi tidak dapat digunakan untuk mengangkut muatan yang berat, meskipun bisa dipaksakan namun akan beresiko terhadap keselamatan berkendara di jalan raya.

3. Mobil rawan terbalik saat bermanuver

Nah selain kedua hal diatas, salah satu resiko jika anda mengganti velg serta ban mobil dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari ukuran standarnya adalah mobil lebih beresiko terbalik saat digunakan bermanuver di kecepatan tinggi, hal ini diakibatkan karena daya cengkram roda terhadap aspal yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan penggunaan roda dengan ukuran velg serta ban bertapak lebar dan besar. Jadi mobil dengan ukuran ban yang kecil ini sebaiknya tidak digunakan untuk kebut kebutan, terutama di jalanan yang meliuk liuk karena rawan sekali selip.

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan modifikasi velg besar pada mobil

Nah itulah tadi beberapa kelebihan serta kekurangan ketika anda memutuskan untuk memodifikasi bagian kaki kaki mobil, khususnya di bagian roda dan velg. Semoga bermanfaat dan silahkan di bantu share, terimakasih sudah membaca.

Post a Comment

0 Comments