Kenapa Bearing Roda Depan Panther Sering Longgar ?

Penyebab bearing mudah longgar - bagi sebagian besar pengguna mobil panther sudah pasti sering melakukan OH bearing roda depan bukan ? Melakukan OH bearing ini gunanya adalah untuk memelihara agar bearing roda kendaraan agar awet dan tidak gampang rusak.

Advertisement

tapered roller bearing

Kerusakan bearing roda depan phanter jika sporadis dilakukan OH umumnya akan mengalami pengeringan pelumasan, entah itu grease yg sudah mengeras ataupun meluber keluar sehingga bearing tadi tidak mendapat pelumasan yang baik. Akibat habisnya grease didalam bearing ini akan membentuk suhu bearing sebagai mudah panas yg dalam akhirnya mampu mengakibatkan bearing sebagai tergerus

Baca juga : Yuk mengenal jenis bearing di industri otomotif

Selain itu masalah lain yang sering kali timbul pada bearing roda depan mobil panther adalah seringnya bearing tersebut oblak padahal sudah di setel beberapa waktu yang lalu. Lalu pertanyaannya adalah kenapa sih kok bearing roda panther gampang sekali oblak sehingga membuat kita harus rutin menyetel ?

Penyebab bearing panther sering oblak

Penyebab kenapa bearing roda depan Isuzu panther ini mudah sekali oblak ialah dikarenakan karakteristik dari model bearing itu sendiri. Perlu diketahui bahwa jenis bearing yang terpasang pada roda depan mobil panther ini ialah tapered roller bearing, yang tentu nya memiliki kelebihan serta kekurangannya.

Kelebihan dari bearing model ini adalah kemampuan yang baik dalam menahan beban dari arah samping sisi luar dan samping sisi dalam dengan sangat baik. Sedangkan kekurangan dari bearing ini ya itu tadi, karakteristik dari bearing model ini ialah mudah sekali longgar, karena tapered bearing adalah jenis bearing yang dapat disetel dan bukan termasuk bearing paten.

Tips agar bearing roda depan panther awet

Agar bearing model ini senantiasa terjaga keawetannya memang anda harus secara rutin memeriksa kekencangan setelan bearing roda depan kendaraan, jik terasa sedikit oblak silahkan setel kembali bearing roda mobil anda. Jika berminat untuk menyetel sendiri dirumah, pastikan anda tidak mengencangkan mur penyetel terlalu kencang, sebab setelan bearing yang terlalu kencang akan membuat bidang gesek semakin rapat / besar yang berakibat bearing mudah panas dan rontok.

Baca juga : Begini cara memeriksa kerusakan bearing sendiri dirumah

Nah itulah tadi penjelasan mengenai kenapa bearing roda depan mobil panther mudah oblak, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Post a Comment

0 Comments