Mengenal Apa Itu Pilar A, B, C, D Pada Mobil Beserta Fungsinya

Advertisement

Apa itu pilar ABCD - setiap jenis kendaraan tentunya memiliki pilar pilar yang sering disebut dengan istilah pilar A, B, C, D, sebagian dari anda tentu sudah sering dengar istilah pilar ini, namun belum banyak yang tahu dimana letak pilar yang dimaksud beserta fungsinya.

Pilar umumnya terdiri dari 3 butir pilar yang dipercaya menggunakan pilar A, B, C dan kendaraan beroda empat yang menggunakan tiga pilar ini umumnya model sedan, sedangkan dalam kendaraan beroda empat jenis SUV terdapat tambahan pilar lagi yg diklaim pilar

apa itu pilar abcd mobil

Posisi pilar pada mobil dan fungsinya

nah bagi yang belum tahu dimana sajakah posisi pilar yang dimaksud, silahkan anda simak dengan baik penjelasan berikut ini.

pilar pada mobil sedan

Posisi pilar "A" berada di bagian depan kendaraan yang berfungsi sebagai penyangga atap bagian depan, penahan kaca depan mobil maupun tempat untuk memasang spion mobil.

Posisi pilar "B" berada pada bagian tengah mobil, tepat dibagian belakang pintu depan mobil yang biasanya digunakan untuk menanamkan sabuk pengaman. Fungsi pilar "B" ini selain untuk tempat menanamkan sabuk keselamatan juga berfungsi untuk menyambungkan bagian atap mobil dan pintu samping agar tidak bergetar.

Posisi pilar "C" ini lokasinya berada di bagian paling belakang mobil yang berfungsi sebagai penyangga atap dan juga kaca bagian belakang untuk mobil sedan, dan untuk jenis mobil SUV memiliki fungsi yang sama dengan pilar "B" yakni sebagai penyangga atap dan menempatkan sabuk pengaman.

Sedangkan untuk pilar "D" ini hanya ada pada mobil jenis SUV yang lokasinya berada di bagian sekirar bagasi mobil atau yang paling belakang, fungsinya ialah untuk menyangga bagian bagasi mobil dan atap bagian belakang.

pilar mobil SUV

Nah bagaimana apakah anda sudah memahami mengenai apa itu pilar yang ada pada mobil, lokasi pilar pada mobil serta fungsi dari pilar ABCD pada mobil ? Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share artikel ini ke media sosial anda, terimakasih sudah berkunjung.

Post a Comment

0 Comments