Mengenal Jenis Tool Kit Otomotif

Perkakas otomotif lengkap - dunia otomotif tentunya tidak lepas dengan yang namanya perkakas bengkel atau tool kit, banyak sekali perkakas atau peralatan bengkel otomotif yang bisa anda temui dan tentu saja berhubungan dengan kegiatan atau aktivitas perbengkelan.

Advertisement

Namun tak seluruh barang perkakas ini bisa digunakan untuk melakukan servis bongkar pasang pada tiap detail kendaraan, ada beberapa klasifikasi atau penggolongan peralatan yang disesuaikan dengan penggunaannya, dan tentu saja anda juga harus memahami masing masing tool ini.

tool kit bengkel lengkap

Nah pada umumnya perlengkapan perkakas otomotif atau yang biasa kita sebut dengan istilah tool kit ini terbagi kedalam beberapa kelompok seperti dibawah ini.

Measuring tools

Measuring tools merupakan sebuah peralatan yang digunakan untuk melakukan pengukuran yang terdapat pada kendaraan baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat guna mengetahui kondisi dari masing masing komponen tertentu disesuaikan dengan measuring tools itu sendiri. Beberapa peralatan yang masuk kedalam measuring tools misalnya saja seperti kunci torsi ( momen ), vernier caliper, meteran, waterpass, dial gauge, compression tester, alat pengukur tekanan ban juga termasuk kedalam salah satu measuring tools yang biasanya selalu ada di bengkel kendaraan.

Common tools

Common tools adalah merupakan perkakas bengkel yang pada umumnya ada di bengkel manapun baik itu di beres alias bengkel resmi maupun bengkel umum pinggir jalan. Perkakas yang termasuk kedalam common tools meliputi jenis obeng, kunci L atau kunci bintang, kunci pas ring, kunci double ring, kunci double pas, kunci shock, tang runcing, tang potong, tang kombinasi dan lain sejenisnya.

Special Service Tools

Special service tools atau yang dikenal di kalangan montir sebagai kunci SST ialah sebuah perkakas bengkel yang penggunaannya dikhususkan untuk membuka atau memasang komponen kendaraan.  Contoh peralatan SST diantaranya adalah tracker untuk membuka bearing, alat pembuka saringan oli mesin mobil, alat untuk memasang bearing, alat untuk melepas ball joint mobil dan lain sejenisnya.

Baca juga : Mengenal lebih jauh tentang kunci SST

Soft tools

Soft tools merupakan sebuah alat atau barang pelengkap yang digunakan untuk mendukung beberapa jenis alat yang disebutkan diatas, contoh perlengkapan soft tools ini misalnya lem alteco, cairan epoxy ataupun locktite yang digunakan untuk mengelem baut mesin sebelum dipasang.

Nah itulah tadi beberapa jenis tool kit alias perlengkapan perkakas yang ada di dunia otomotif yang bisa kalian ketahui. Untuk contoh lengkap dari masing masing perkakas silahkan anda cari di mesin pencari di internet. semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments