Merk Mobil Yang Sering Terbakar Apa saja ?

Merk mobil sering terbakar di jalan - banyak sekali di media elektronik maupun di media online beredar kasus mobil terbakar di jalanan saat sedang digunakan, dan hal ini tentunya memicu para calon pemilik mobil baru was was dan takut salah memilih dan membeli mobil.

Advertisement

Jika diperhatikan kebanyakan orang selalu mengaitkan suatu kasus dengan merk mobil yang bersangkutan, padahal kenyaan sesungguhnya tidak demikian sehingga anda sebagai calon konsumen mobil harus cerdas dan tidak tergiring oleh opini yang menyesatkan yang nantinya malah akan membuat anda menyesal.

mobil terbakar

Pada umumnya setiap pabrikan kedaraan apapun telah melakukan berbagai riset sebelum kendaraan tersebut benar benar diproduksi secara massal dan diperjual belikan. Riset riset inipun tidak sebatas pada riset di lingkungan manufaktur saja, bahkan mobil yang telah terjual pun pabrikan tetap melakukan riset secara mendalam mengenai keluhan dan trobel kendaraan selama masa pemakaian. Jika dalam perkembangannya mobil yang telah dijual ke konsumen bermasalah, sebagai pabrikan yang bertanggung jawab mereka akan segera mengumumkan recall dan penggantian komponen yang ditengarai membahayakan penggunanya.

Recall adalah sebuah program penggantian suku carang kendaraan tertentu yang ditengarai membahayakan bagi penggunanya, dan penggantian ini tanpa dipungut biaya alias gratis. Contoh recall adalah seperti kasus recal air bag buatan takata yang melukai bahkan mmembuat pengemudi meninggal dunia akibat malfungsi sehingga seluruh pabrikan otomotif harus menarik seluruh mobil yang telah dijualnya kepada konsumen untuk dilakukan penggantian air bag baru.

Baca juga : Ini resiko dan bahaya pasang lampu mobil tidak sesuai standar

Kembali lagi ke masalah merk mobil yang sering terbakar, terbakarnya sebuah mobil ini biasanya berkaitan dengan masalah kelistrikan, khususnya adalah adanya hubungan arus pendek pada sistem kelistrikan mobil sehingga membuatnya terbakar. Rata rata sangat jarang sebuah mobil tiba tiba terbakar sendiri saat digunakan, kecuali pada mobil tersebut telah dilakukan modifikasi oleh si pemiliknya.

Modifikasi sangat erat hubungannya dengan kendaraan utamanya motor dan mobil, mulai dari modifikasi ringan seperti pemasangan stiker, modifikasi kaki kaki, modifkasi di bagian kelistrikan hingga yang lebih ekstrim adalah modifikasi di bagian area mesin guna meningkatkan performanya.

Nah modifikasi di bagian kelistrikan inilah yang menjadi sumber utama masalah kebakaran yang sangat sering terjadi, banyak orang yang melakukan modifikasi seperti penggunaan aksesoris lampu, aksesoris klakson atau sirine, pemasangan pemutar musik, penambahan perangkat inverter atau penaik tegangan dan lain sebagainya. Bahkan untuk modifikasi yang sangat sepele seperti mengganti radio tape variasi pun bisa membuat unit mobil terbakar seperti yang pernah penulis ulas di bawah ini

Baca juga : Mobil terbakar akibat ganti tape variasi

Nah jadi jangan memandang merk dan jenis mobil apa yang sering terbakar, yang perlu anda perhatikan adalah modifikasi seperti apa yang menyebabkan mobil tersebut terbakar dan sebaiknya hindari modifikasi yang seperti itu, pastikan anda memasang perangkat yang berhubungan dengan kelistrikan di bengkel resmi. Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share.

Post a Comment

0 Comments