Mesin Motor Mogok Menerjang Banjir, Waspada Water Hammer

Jangan paksakan motor menerjang banjir - terkadang banyak sekali orang yang terjebak banjir namun tetap memaksakan diri untuk menerjang banjir di jalanan yang dilaluinya. Bila banjir hanya sebatas mata kaki sih tidak jadi masalah untuk anda terjang, namun jika banjirnya setinggi lutut atau tepat diatas saringan udara sepeda motor, sebaiknya anda tunggu banjir reda terlebih dahulu baru jika telah mereda anda bisa menerobosnya.

Advertisement

gambar water hammer

apabila anda tetap ngeyel menerjang banjir dengan ketinggian diatas saringan udara, resiko yg akan anda hadapi selanjutnya adalah mesin motor akan langsung tewas dampak masuknya air kedalam ruang bakar melalui saringan udara. Bila motor sudah mogok akibat menerjang banjir yg tinggi, alangkah baiknya tidak anda nyalakan balik motor tersebut, karena terdapat kemungkinan air masuk kedalam ruang bakar

Apa sih water hammer itu ?

Water hammer sendiri adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kerusakan mesin akibat masuknya air kedalam ruang bakar dalam jumlah yang banyak. Ketika piston sedang melakukan langkah kompresi maka air yang ada didalam ruang bakar ini tidak dapat dikompresi sehingga saat proses kompresi ini terjadi, maka air yang tergenang didalam ruang bakar akan menahan gerakan naik piston akan tertahan, karena saking kuatnya seolah olah piston seperti di palu dehingga membuat kerusakan pada bagian piston, entah itu kepala piston yang jebol, pecahnya ring seher sampai stang piston menjadi bengkok.

Air yang dalam jumlah banyak didalam ruang bakar dan dikompresi ini layaknya sebuah besi padat meskipun kenyataannya itu adalah air, coba anda bayangkan jika piston motor bertumbukan dengan air yang sangat kuat layaknya besi ini didalam ruang bakar, inilah kenapa istilah ini disebut dengan istilah water hammer. Bila air yang masuk kedalam ruang bakar hanya beberapa tetes ada kemungkinan air tersebut akan menguap mengingat saat langkah kompresi ini suhu diruang bakar menjadi panas.

Baca juga : Motor anda terendam banjir ? Lakukan hal berikut ini

Dari mana air masuk kedalam ruang bakar saat banjir ?

ada dua kemungkinan kenapa air yang berasal dari banjir ini bisa masuk kedalam ruang bakar, yang pertama adalah masuk melalui lubang saringan udara, dan yang kedua adalah melalui lubang knalpot. Sebelum anda memutuskan untuk menerjang banjir, ingatlah bahwa kebanyakan motor tidak didesain untuk bisa menerjang banjir, jadi berpikirlah berkali kali sebelum anda menerjang banjir yang tinggi. Lebih baik tunggu banjr tersebut reda, atau memilih jalur lain yang tidak dilalui banjir.

Trik menerjang banjir dan terhindar dari water hammer

Anda masih bisa menerjang banjir dengan aman tanpa takut terkena resiko water hammer dengan dua syarat. Syarat yang pertama adalah ketinggian banjir tidak melebihi posisi saringan udara sepeda motor, syarat yang kedua adalah anda harus bisa menahan rpm mesin agar selalu stabil di putaran tertentu. Ketika anda menerjang banjir yang kondisinya masih dibawah lubang saringan udara namun knalpot motor terendam air, anda bisa menggunakan gigi perseneling nomor dua dengan tetap menjaga menahan bukaan gas sehingga rpm mesin yang stabil di angka tertentu. Untuk berhenti ditengah genangan air anda maksimalkan saja tuas rem depan mapun rem belakang dan jangan menurunkan bukaan gas. Dengan begitu maka gas buang sepeda motor akan mendorong air agar tidak masuk kedalam ruang bakar melalui knalpot.

Baca juga : Ketahui dulu asal muasal motor STNK ONLY sebelum membeli

Namun bila anda mengalami mesin mati ditengah genangan air, sebaiknya jangan dinyalakan kembali sepeda motornya dan lebih baik dituntun saja.

Post a Comment

0 Comments