Mitos : Benarkah Ganti Shockbreaker Mobil Harus Sepasang

Ganti shockbreaker mobil - salah satu komponen yang ada pada sebuah mobil yang sangat berguna bagi kenyamanan kita dalam berkendara adalah adanya shockbreaker atau shock absorber, dimana komponen ini akan meredam semua getaran jalanan yang sebelumnya telah diredam oleh ban agar tidak menuju ke body mobil.

Advertisement

shockbreaker rusak

Lantaran shockbreaker ini berfungsi sebagai peredam kejut, maka sudah tentu komponen ini akan mudah sekali mengalami kerusakan, tergantung medan jalanan yang dilewati setiap harinya, semakin rusak medan jalanan yg kita lalui semakin cepat pula kerusakan shock absorber ini terjadi. Begitu jua menggunakan berat beban yang biasa dibawa oleh kendaraan beroda empat serta faktor usia shockbreaker yg memang udah waktunya rusak.

Baca jug : Cara sederhana tapi ampuh merawat suspensi mobil agar tidak cepat rusak

Kerusakan yg acapkali terjadi dalam sebuah shockbreaker ini antara lain merupakan aus nya karet bushing shock absorber, adanya oli yg merembes keluar berdasarkan dalam shockbreker, hingga yang paling parah merupakan terjadinya kebocoran dalam shock absorber itu sendiri yang ditandai menggunakan basahnya holistik bagian atas btg bawah shockbreaker memakai oli.

Jika kerusakan hanya sebatas bushing nya yg rusak, kita masih sanggup mengakalinya menggunakan mengubah bushing tadi menggunakan bushing original ataupun aftermarket. Begitupun apabila masih dalam skala oli shockbreaker merembes, kita masih sanggup menggunakannya dalam beberapa waktu. Namun apabila shockbreaker tersebut telah bocor, maka jalan satu satuny adalah menggunakan melakuka penggantian part baru.

Nah disinilah mitos mulai berseliweran, ada beberapa orang yang mengungkapkan bila masih ada galat satu shockbreaker kendaraan beroda empat mengalami kerusakan, entah itu yang kiri ataupun yang kanan, maka usahakan shockbreaker tersebut diganti 2 duanya. Apakah memang sahih demikian ?

Dengan alasan apapun, sebenarnya melakukan penggantian komponen ini HANYALAH PADA KOMPONEN YANG RUSAK. Jadi bila yang rusak hanya sebelah, yang anda lakukan nisbi mengubah shocbreaker yang mengalami kerusakan, sedangkan shockbreaker lain yg masih anggun tentu saja masih mampu digunakan tanpa mengurangi fungsi

Jadi jika ada yang bilang bahwa harus mengganti kedua shockbreaker dengan alasan bahwa agar gerakan naik turun atau fungsi peredaman menjadi maksimal, sebaiknya anda abaikan saja. Bisa jadi itu adalah trik marketing yang sengaja disebar agar anda membeli dua buah shockbreaker, bukannya satu. :).

Nah semoga penjelasan mengenai mitos ganti shock absorber mobil harus sepasang diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Baca juga : Inilah berbagai penyebab shockbreaker gampang rusak

Post a Comment

0 Comments