Penyebab Panther Keluar Asap Hitam Saat Gas Digeber

Panther keluar asap hitam - mungkin ada sebagian dari anda pemilik mobil Isuzu Panther menggeber gas hingga keluar asap hitam pekat bahkan hingga keluar seperti kotoran atau debu dari knalpot. Kemudian membandingkan dengan mobil keluaran baru seperti misalnya Toyota Kijang Innova baru maupun Toyota Fortuner atau membandingkannya dengan sesama produk Isuzu terbaru seperti Isuzu MU-X yang ketika digeber bahkan tidak mengeluarkan asap hitam pekat layaknya si panther.

Advertisement

penyebab panther keluar asap hitam

Penyebab Isuzu Panther keluar asap hitam

Penyebab kenapa mobil panther ataupun mobil bermesin diesel jadul mengalami hal serupa, yakni keluar asap hitam ketika digeber adalah diakibatkan karena adanya proses pembakaran yang tidak sempurna didalam ruang mesin, sehingga residu dari sisa pembakaran tak sempurna yang berupa kerak didalam ruang bakar ini akan ikut keluar dari knalpot melalui lubang exhaust. Hal ini juga akan terjadi pada kendaraan bermesin diesel apapun yang masih menggunakan teknologi jadul, alias hanya mengandalkan injeksi manual melalui timing gear.

Jadi pada saat mesin diesel ini pertama kali dinyalakan, lantaran proses injeksi hanya mengandalkan timing saja, bahan bakar eksklusif di injeksikan tanpa memperhitungkan kebutuhan bahan bakar yg ideal, adonan bahan bakar yg gemuk alias terlalu banyak bahan bakar dibandingkan udara ini akan menyebabkan pembakaran yang nir sempurna menggunakan meninggalkan kerak karbon

Baca juga : Tips sederhana merawat mobil mesin diesel agar selalu prima

Apakah panther keluar asap hitam normal ?

Ya, mobil panther ataupun mobil jadul lainnya yang masih menggunakan mesin diesel berteknologi konvensional memang sangat normal jika keluar asap hitam dari dalam kenalpot ketika di gas atau digeber.

Kenapa mesin diesel baru tidak berasap hitam ?

Hal ini tentu akan berbeda jika dibandingkan dengan mobil bermesin diesel keluaran terbaru yang mana proses injeksi bahan bakar kedalam ruang bakar sepenuhnya telah dikontrol oleh komputer, sehingga seberapa banyak kebutuhan bahan bakar yang nantinya di injeksikan kedalam ruang bakar telah ditakar melalui pengolahan sensor sensor yang terpasang, sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna. Proses pembakaran yang sempurna ini selain tidak meninggalkan kerak maupun jelaga, juga membuat komponen dalaman mesin menjadi lebih awet.

Baca juga : Inilah alasan kenapa mobil diesel lebih mahal dari mobil bensin

Nah itulah tadi alasan kenapa mobil Isuzu Panther mengeluarkan asap hitam ketika di gas, jadi jangan kuatir akan terjadinya kerusakan karena memang hal ini sangat wajar adanya. semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share artikelnya.

Post a Comment

0 Comments