Penyebab Regulator Kaca Mobil Lemah

Penyebab regulator kaca mobil lemah - pada kendaraan roda empat saat ini hampir keseluruhannya mengaplikasikan teknologi power window yang membuat kita lebih gampang untuk menaikkan dan menurunkan kaca jendela mobil tanpa capek.

Advertisement

Agar power window mobil tidak cepat rusak maka kita pun harus merawatnya dengan baik, beberapa kerusakan power window yang umumnya sering terjadi diantaranya adalah power window mati atau bisa bekerja namun kinerjanya sangat lemah akibat kerusakan regulator kaca mobil.

Penyebab kerusakan regulator kaca mobil

Regulator adalah komponen utama yang menggerakkkan kaca mobil naik dan turun, jika komponen ini melemah maka kaca mobil pun menjadi lambat untuk naik dan juga turunnya. Ada beberapa penyebab kenapa regulator ini menjadi lemah dan salah satunya adalah karena  faktor kebersihan jalur kaca mobil / runglass yang kurang terjaga.

Karet kaca atau runglass atau jalur naik turun kaca yang tidak pernah dibersihkan akan membuat kotoran menumpuk disana, hasilnya adalah kaca pun menjadi seret bahkan macet saat dinaikkan. Imbasnya tentu akan membuat bebankerja  motor penggerak menjadi lebih berat, lama kelamaan motor penggerak ini akan melemah.

Baca juga : Tips merawat karet kaca jendela mobil agar tak cepat rusak

Tips merawat regulator kaca mobil agar awet

Untuk merawat bagian ini sebenarnya sangat mudah sekali, cukup anda berikan pelumas khusus karet kaca di seluruh jalur naik turunnya kaca jendela mobil secara berkala. Dengan begitu kaca jendela akan lebih mudah naik dan turun tanpa hambatan sehingga regulator jendela kaca mobil pun terpelihara keawetannya.

lumasi bagian merah dengan grease, dan bagian kuning dengan cairan penetrant / WD40

Baca juga : Ketahui penyebab karet kaca mobil macet

Gambar diatas merupakan ilustrasi sebuah regulator kaca mobil, lingkaran berwarna merah merupakan bagian yang sebaiknya diberikan pelumasan berupa grease atau gemuk, sedangkan pada bagian lingkaran berwarna kuning diberikan pelumasan dengan menggunakan cairan anti karat seperti penetrant ataupun cairan WD40.

Post a Comment

0 Comments