Perbedaan Ngelitik Di Mesin Bensin Dan Diesel

Perbedaan knocking di mesin bensin dan diesel - mesin yang ngelitik atau dalam bahasa teknik disebut dengan istilah knocking akan membuat komponen didalam ruang mesin menjadi rentan mengalami kerusakan, terutama pada bagian komponen diruang bakar seperti piston, ring piston, serta dinding silinder atau cylinder liner yang cacat.

Advertisement

Dan penyebab mesin ngelitik ini antara kendaraan beroda empat bermesin bensin & kendaraan beroda empat bermesin diesel tidaklah sama jika ditinjau menurut bahan bakar yg dipakai serta proses terjadinya knocking ini. Nah buat detail silahkan anda simak memakai baik dibawah ini.

Perbedaan Ngelitik Di Mesin Bensin Dan Diesel

1. Knocking pada mesin bensin

Penyebab terjadinya knocking pada mesin bensin ini biasa terjadi karena penggunaan bahan bakar yang memiliki nilai oktan rendah, dimana semakin rendah nilai oktan maka bahan bakar bensin ini semakin mudah sekali terbakar. Saat terjadi langkah kompresi pada kendaraan bermesin bensin, maka suhu didalam ruang bakar akan menjadi panas, dan karena bahan bakar yang digunakan memiliki angka oktan yang rendah, bahan bakar tersebut terlebih dahulu terbakar dengan sendirinya tanpa bantuan percikan api dari busi ( pembakaran prematur ), sehingga terjadilah ledakan tenaga dimana langkah piston masih belum menyentuh titik mati atas atau TMA dan busi belum menyala. terlalu cepat proses pembakaran inilah yang mengakibatkan knocking pada mesin bensin. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut.

penyebab knocking mesin bensin

Baca juga : Mengenal apa itu angka oktan pada bensin

Nah supaya tidak terjadi knocking dalam kendaraan bermesin bensin ini sebaiknya anda menggunakan bahan bakar yang memiliki nilai oktan tinggi atau bahan bakar menggunakan nilai oktan yang disarankan oleh manufaktur tunggangan beroda empat yang anda gunakan. Ingat, meningkat nilai oktan bahan bakar bensin, maka semakin sulit bahan bakar tersebut untuk terbakar sendiri sebagai akibatnya bahan bakar ber oktan tinggi ini rupawan dipakai

2. Knocking pada mesin diesel

Nah untuk penyebab knocking pada mesin diesel ini kebalikan dari yang terjadi pada mesin bensin. Jika pada mesin bensin penggunaan bahan bakar dengan nilai oktan yang terlalu rendah, maka pada mobil bermesin diesel ini terjadinya knocking diakibatkan karena penggunaan bahan bakar solar dengan angka cetane yang terlalu rendah, dimana semakin rendah angka cetane pada bahan bakar solar, maka semakin sulit bahan bakar tersebut untuk terbakar dengan sendirinya. Begitupun dengan nilai cetane pada solar yang semakin tinggi akan semakin bagus untuk digunakan di mesin diesel, hal ini dikarenakan bahan bakar tersebut akan lebih mudah terbakar didalam ruang mesin.

Baca juga : Mengenal apa itu angka cetane pada solar

Perlu anda ketahui bahwa cara kerja mesin diesel ini berbeda dengan cara kerja mesin bensin, jika pada mesin bensin dibutuhkan sebuah busi sebagai pemantik nyala api, pada sistem pembakaran di mesin diesel hanya mengandalkan kompresi mesin yang tinggi, dimana kompresi mesin yang tinggi ini akan membuat ruang bakar menjadi panas dan secara otomatis bahan bakar akan terbakar dengan sendirinya.

Proses knocking pada mesin diesel ini dimulai ketika terjadi langkah kompresi pada piston hingga piston menyentuh titik mati atas atau TMA, namun bahan bakar solar tersebut tidak kunjung terbakar karena memiliki angka cetane yang rendah. Terlambatnya proses pembakaran pada mesin diesel inilah yang menyebabkan mesin mengalami knocking. Nah agar mobil bermesin diesel yang anda alami tidak mengalami knocking, sebaiknya gunakan bahan bakar yang memiliki nilai cetane tinggi.

Kesimpulan dari perbedaan knocking yang terjadi pada mesin bensin dan diesel

#Mesin bensin

Penggunaan bahan bakar dengan angka oktan rendah, bahan bakar mudah terbakar = knocking

#Mesin diesel

Penggunaan bahan bakar dengan angka cetane rendah, bahan bakar sulit untuk terbakar = knocking

Baca juga : Inilah penyebab kenapa mobil mesin diesel lebih mahal

Nah itulah tadi penyebab knocking pada kendaraan bermesin bensin dan diesel. Pastikan anda hanya menggunakan bahan bakar yang disarankan untuk memelihara kondisi mesin mobil agar awet dan bebas ngelitik. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan artikelnya.

Post a Comment

0 Comments