Tips Memilih Mobil MPV Yang Pas Untuk Keluarga

Tips memilih mobil keluarga - mobil jenis MPV ( multi purposed vehicle ) ialah salah satu pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sarana transportasi bagi keluarha. Desain mobil MPV yang memungkinkan untuk dapat mengangkut penumpang maupun barang yang kapasitasnya jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan mobil jenis lainnya kecuali truk dan bus tentunya. Di indonesia sendiri banyak sekali mobil jenis MPV yang bisa anda jadikan pilihan, sehingga dari banyaknya jenis mobil MPV di indonesia ini andapun harus jeli dalam memilih mobil mana yang bagus untuk anda miliki.

Advertisement

jenis jenis mobil MPV

Selain mempertimbangkan soal harga mobil, ada beberapa hal lain juga yang patut anda jadikan bahan pertimbangan, sebab berkendara dengan seluruh anggota keluarga adalah salah satu momen yang berharga sehingga jangan sampai anda salah dalam memilih kendaraan. Beberapa aspek lain yang perlu anda lihat diantaranya adalah ukuran mobil MPV yang di inginkan, fleksibilitas dari mobil yang bersangkutan, apakah bidang pandang dan manuver mobil sesuai dengan anda, apakah mobil tersebut ramah terhadap anak anak, serta yang tak ketinggalan ialah mengenai performa mobil MPV itu sendiri.

Tips membeli mobil MPV terbaik untuk keluarga

1. Tentukan ukuran mobil MPV yang diinginkan

Jika dilihat dari ukurannya, mobil model MPV ini terbagi menjadi 3 kategori utama, yakni small MPV atau kecil, kemudian medium MPV atau sedang dan yang terakhir adalah large MPV atau MPV yang memiliki ukuran besar. Pada masing masing ukuran ini juga masih dibagi bagi lagi kedalam beberapa kelas atau model mobil dan tentunya harga yang ditawarkan pun berbeda beda. Untuk urusan harga kita kesampingkan terlebih dahulu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana atau untuk apa mobil MPV pilihan anda ini digunakan, dan berapa banyak anggota keluarga yang akan anda bawa nantinya.

small MPV

Mobil yang termasuk kedalam kategori small MPV seperti daihatsu xenia, toyota avanza maupun suzuki ertiga ini masing masing memberikan konfigurasi tempat duduk sebanyak tujuh penumpang yang tentunya nyaman digunakan. Anda juga perlu memperhitungkan dengan benar kapasitas bagasi yang akan kalian bawa nantinya jika memang benar kursi di baris ketiga nanti juga terisi penumpang sehingga ruang bagasi menjadi terpangkas.

Medium MPV

Mobil MPV yang termasuk kedalam kelas medium seperti Honda Freed, Toyota Kijang Innova, serta beberapa mobil MPV medium dengan bentuk kotak seperti Nissan Serena maupun Toyota NAV1. Dengan ukuran body mobil yang lebih panjang jika dibandingkan dengan yang small MPV, tentunya anda pun juga akan mendapatkan ruang bagasi yang jauh lebih luas sehingga anda akan dengan leluasa membawa barang bawaan dengan kapasitas yang lebih banyak. Kelebihan dari mobil MPV kelas medium ini selain bentuknya yang tidak terlalu besar, juga tidak akan merepotkan si pengemudi saat dikendarai dijalan raya.

Large MPV

Large MPV atau mobil MPV berukuran besar, sesuai dengan namanya tentunya bentuk dari mobil yang satu ini juga jauh lebih besar dari kedua jenis MPV yang telah kami jelaskan diatas. Karena bentuknya yang besar ini terkadang akan sangat merepotkan si sopir bahkan bisa membuatnya merasa lelah, namun anda tidak perlu khawatir karena biasanya pemilik mobil di segmen ini rata rata memiliki sopir pribadi. Karena ukurannya yang besar ini sudah tentu anda bisa mengangkut barang bawaan yang jauh lebih banyak lagi di ruang bagasi mobil. Mobil MPV berukuran besar ini sangat cocok digunakan untuk menempuh perjalanan jauh seperti misalnya perjalanan antar kota. Beberapa jenis mobil yang masuk kedalam jenis large MPV diantaranya adalah Toyota alpard / vellfire, VW Caravelle, Nissan Elgrand serta Hundai H-1. Oh ya satu lagi, jangan pernah membandingkan large MPV dengan mobil jenis travel an yang mana biasanya para pengusaha travel ini rata rata menggunakan basis kendaraan komersil seperti halnya chassis truk untuk mengejar kekuatan daya angkut serta efisiensi bahan bakar.

2. Keramahan Terhadap Anak-anak

Anggota keluarga tentu saja nantinya akan ada seorang anak yang juga menjadi penumpang di mobil MPV ini, oleh karenanya anda juga disarankan memilih mobil MPV yang tentunya ramah terhadap anak anak, selain ramah juga aman. Salah satu fitur penting yang perlu kalian lihat apakah mobil tersebut ramah dan aman bagi anak anak ialah adanya fitur CHILD SAFETY LOCK, yakni sebuah fitur dimana pintu mobil yang telah diaktifkan child safety locknya hanya bisa dibuka dari luar, sehingga anak anak tetap aman didalam bahkan ketika mereka memainkan gagang pembuka mobil, pintu tersebut tidak akan terbuka kecuali anda sendiri yang membukanya dari luar mobil. Atau jika anda memiliki seorang bayi dan ingin menggunakan kursi khusus bayi atau car seat, pastikan bahwa mobil tersebut juga mampu mengakomodir kursi khusus bayi tersebut. Fitur lain yang bisa anda perhatikan namun bukar merupakan keharusan adalah tersedianya layar monitor di baris kursi belakang, sehingga penumpang dibelakang pun akan semakin senang dan tidak merasa bosan.

3. Fleksibilitas sebuah kendaraan

Fleksibilitas merupakan sebuah nyawa dari mobil MPV, sebelum anda benar benar membeli sebuah mobil pastikan anda mempertimbangkan juga apakah ada cukup ruang untuk membawa koper ataupun bahkan sepeda. Bukan itu saja, anda juga perlu melihat apakah mobil pilihan anda nantinya akan memiliki akses yang mudah sehingga nantinya tidak akan merepotkan kalian ketika digunakan, misalkan saja rendahnya bibir pintu bagasi serta kemudahan dalam membukanya, atau  pintu penumpang yang bisa terbuka lebar ketika anda akan keluar masuk. Mobil dengan pintu geser sepertinya sangat direkomendasikan. Lihat pula apakah kursi penumpang bisa digerakkan maju mundur, naik turun serta dengan mudah dilipat tanpa membuat anda kerepotan. Diluar itu anda juga bisa mempertimbangkan mengenai ketersediaan roof rail original yang nantinya bisa kalian gunakan untuk memasang roof rak guna meletakkan barang bawaan jika anda salah satu orang yang super repot dan harus membawa banyak barang diatas mobil.

4. Bidang Pandangan & Kemampuan Bermanuver mobil

Untuk pemilihan MPV small maupun medium mungkin aspek ini tidak terlalu diperhatikan, namun bila anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil large MPV, tentunya bidang pandangan mata akan berkurang mengingat ukuran mobilnya yang juga besar. Terlebih lagi jika mobil tersebut sedang mengangkut full penumpang atau sedang membawa muatan yang banyak akan merepotkan si sopir. Nah biasanya pada mobil mobil besar seperti ini terdapat beberapa sensor parkir yang lebih banyak serta layar monitor / rear vew camera guna membantu kita ketika hendak bermanuver, khususnya untuk masalah mundur. Dimensi mobil yang berukuran jumbo ini pun juga akan mengurangi kemampuan mobil dalam bermanuver, biasanya radius putar kendaraan menjadi lebih sedikit sehingga anda harus maju mundur hanya untuk putar balik. Nah sebelum membeli pastikan anda tahu seberapa banyak radius putar mobil tersebut dan bandingkan dengan jenis mobil sekelas.

5. Performa kendaraan Ada yang bilang bahwa jika kita membeli mobil MPV kesenangan berkendara anda menjadi hilang, namun anggapan seperti ini sepertinya sangat keliru karena mobil jenis MPV pun dapat memberikan anda pengalaman serta kepuasan dalam berkendara, bahkan beberapa manufaktur kendaraan roda empat pun membekali mesin mobil MPV nya dengan tenaga yang mumpuni. Bahkan beberapa produk aftermarket dipasaran telah banyak tersedia untuk mobil mobil jenis ini dan siap membantu mendongkrak performa serta tampilan dari si kereta besi.

Pastikan anda jeli dalam memilih sebelum benar benar membeli mobil MPV yang anda dambakan sehingga tidak akan pernah ada penyesalan di kemudian hari karena membeli mobil yang tidak sesuai dengan ekspektasi anda, semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments