Tips Merawat Handgrip Stang Motor Agar Tidak Berkerak

Perawatan handgrip motor - merawat sepeda motor bukan hanya sekedar mengganti oli dan juga mencuci saja, banyak sekali bagian bagian yang juga perlu kita rawat agar tampilan motor menjadi semakin sedap dipandang oleh mata.

Advertisement

Termasuk salah satunya adalah merawat bagian bagian motor yang terkadang terlihat sepele, namun efeknya sangat jelas kentara seperti contohnya adalah handgrip motor atau yang kita kenal dengan istilah setang.

Coba bayangkan seandainya ada teman kalian yang ingin meminjam sepeds motor kita, dan melihat adanya kerak atau daki yang menempel di handgrip motor. Tentunya kita akan merasa malu bukan ? Terlebih lagi si teman ini secara terang terangan mengungkapkan betapa joroknya anda ^_^.

Timbulnya kerak atau daki pada handgrip motor ini diakibatkan karena adanya kotoran entah itu minyak, debu, serta kotoran lain yang bercampur air dan mengering di bagian handgrip sehingga terjadilah kerak.

Sebenarnya merawat handgrip motor ini tidalkah sulit bahkan bisa dibilang sangat simpel, yang artinya tidak perlu menggunakan peralatan serta bahan yang aneh hanya untuk membersihkan handgrip motor. Yang perlu kita perhatikan adalah menyesuaikan bahan pembersih handgrip dengan bahan pembuat handgrip itu sendiri.

Dipasaran terdapat beberapa bahan pembuat handgrip diantaranya terbuat dari bahan karet, bahan krom / aluminium / metal, dang yang terakhir adalah handgrip berbahan kulit. Dengan mengetahui dari apa sih handgrip tersebut dibuat, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan pembersih serta peralatan pendukung seperti sponge atau sikat gigi untuk menggosok.

Handgrip dari material Krom

Untuk membersihkan handgrip motor yang terbuat dari bahan metal krom atau metal lain kita bisa memakai produk turtle wax guna memolesnya, oleskan cairan turtle wax keseluruh permukaan krom kemudian diamkan selama kurang lebih 5 menit an. Setelah itu anda bisa mengelapnya dengan menggunakan lap pembersih berbahan halus seperti bahan kain kaos.

Handgrip dari material Karet

Handgrip dari bahan karet merupakan jenis handgrip yang paling banyak beredar dan digunaan. Untuk membersihkan handgrip karet ini cukuo sediakan sabun cuci piring seperti sabun sunglight, caranya teteskan cairan sabun cuci piring tadi diatas permukaan sikat gigi, selanjutnya gunakan untuk menyikat handgrip sembari disiram dengan menggunakan air hangat sehingga kerak yang menempel pun rontok.

Handgrip dari material Kulit

Jenis handgrip yang satu ini terbilang sedikit bahkan terbatas penggunaannya, kemungkinan hanya motor premium atau motor moge yang mengaplikasikan handgrip berbahan kulit. Untuk membersihkan handgrip dari kulit ini kita bisa menggunakan produk dari meguiars yakni meguiars class yang dalam paketnya sudah dilengkapi dengan sponge pembersih.

Untuk membersihkannya sangat gampang, langsung poleskan saja cairan meguiars pada handgrip kulit tadi menggunakan sponge. Selanjutnya siram dengan menggunakan air kemudian di lap hingga bersih agar handgrip tidak terasa licin saat digunakan.

Nah sangat simpel sekali bukan untuk merawat handgrip motor diatas ? Anda bisa mengaplikasikan perawatan pada handgrip ini setiap kali anda mencuci motor, atau per 3 hari sekali agar handgrip senantiasa bersih dan kita tidak merasa minder lagi meminjamkan sepeda motor kesayangan kepada teman.

Post a Comment

0 Comments